Minggu, 13 Juli 2014

Menjelang Lebaran : Dapat Hadiah dari Smart Mom Ways

MENJELANG LEBARAN : BONGKAR TABUNGAN
Oleh : Kahfi Noer
Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi! Tulisan Om Jay (Wijaya Kusumah) menginspirasi saya untuk menulis setiap hari. Kadang-kadang saya harus melawan kantuk demi mendapatkan tulisan yang mungkin bagi orang tidak begitu penting.
Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Saya tidak pernah bosan untuk memencet tuts. Merangkai kata menjadi kalimat. Kadang kalimatnya masih kaku, tapi saya memaksakan diri untuk konsisten menulis.
Tulisan yang paling saya suka adalah bentuk cerpen. Entah itu cerpen anak, cerpen dewasa atau sekedar cerita rumpi hasil rekaman dari pulang sekolah.
Saya sering mengirimkan cerpen ke media. Tak pernah bosan, walaupun sering tidak dimuat di media yang saya tuju. Saya tidak patah arang. Kalau redakturnya tidak memilih tulisan saya untuk hadir di media massa, saya akan memposting tulisan ke blog yang saya miliki atau di blog keroyokan di www.kompasiana.com.
Saya memang sabar, itu menurut saya. Saya simpan semua tulisan yang pernah saya kirim ke media tetapi tidak dimuat. (kalau dimuat pasti dapat honor, saya tidak menerima honor baik lewat wesel maupun ditransfer ke rekening. Berarti tulisan saya tidak dimuat).
Suatu hari saya membuka fb. Iseng-iseng lihat dinding teman atau temannya teman. Wow, ternyata dari teman fb yang suka nulis, mereka punya teman suka nulis lebih banyak. Di antara mereka ternyata  yang mempunyai kabar berita tentang lomba penulisan kumpulan cerpen anak. Kumcer ini dibuat tokohnya sama, sehingga bisa dibuat novel.
Bagi saya ini menarik, karena saya mempunyai banyak tabungan cerpen anak. Tapi sayang nama tokoh utamanya tidak sama. Namanya juga “penulis” meski pemula, maka tokoh-tokoh beda ini saya ganti dengan tokoh yang sama. Maka cerpen pun sedikit berubah ceritanya. Tak masalah, yang penting jadi.
Syarat dan ketentuan lomba ini tidak sulit, maka dengan penuh percaya diri dan minta doa restu suami tercinta, saya mengirim naskah lewat email. Beberapa hari kemudian saya mendapatkan balasan dan diminta untuk merevisi (hanya sedikit). Sayangnya, saya sedang repot dengan pekerjaan di sekolah. Belum sempat merevisi.
Saya sudah melupakan tulisan yang saya kirim tadi. Beberapa hari kemudian, tanggal 4 Juli 2014 saya dikirimi surat lewat email. Isinya saya merupakan satu di antara tujuh orang pemenang lomba (tapi saya harus menyerahkan revisi, kemudian menandatangani akad/perjanjian). Alhamdulillah, tidak saya sangka tabungan saya bermanfaat. Bongkar tabungan tulisan yang menghasilkan rupiah.
Kemarin, hari Sabtu, 12 Juli 2014 saya menuju bank untuk mendapatkan print out. Maklum dua artikel yang dimuat bulan sebelumnya di Harian SOLOPOS, belum saya cek honornya. Betapa terkejutnya saya, ternyata dari pihak Smart Mom Ways penyelenggara lomba sudah mentransfer sejumlah uang pada tanggal 26 Juni 2014. Bahagianya saya, menjelang lebaran dapat rejeki dari bongkar tabungan tulisan.

Bagaimana mungkin saya akan meninggalkan dunia tulis-menulis. Rasanya sayang sekali kalau sehari tidak menulis. Maka menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi!
Karanganyar, 13 Juli 2014