Selasa, 15 Juli 2014

Renta : Tetap Semangat Bekerja di Usia Senja

Tak Ada Keluh Kesah Untuk Mencukupi Kebutuhan
Oleh : Kahfi Noer
Berwisata tidak harus mengeluarkan biaya mahal dan jauh dari kota. Mengadakan perjalanan di daerah Karanganyar memberikan kepuasan sendiri. Kebetulan saat itu lagi marak-maraknya berita BBM naik dan isu BALSEM. Untuk menghemat biaya, saya dan suami bersepeda motor ke Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah. Konsumsi juga membawa bekal dari rumah.

Suami saya yang orang asli Karanganyar mengajak lewat Dawung, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Ada pemandangan yang menarik kami, yaitu penduduk yang mengambil batu Kars dari Gunung Batu Kars.


                                   Gambar : Gunung Batu Kars, Matesih, Kab. Karanganyar, Jateng

Puas mengambil gambar, kami melanjutkan perjalanan ke Jatoyoso. Di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, tempat yang tinggi dan berkabut. Kami bertemu dengan seorang nenek berusia di atas 60-an tahun menggendong rumput gajah yang akan digunakan sebagai pakan ternak. Di raut wajahnya terlihat suka cita, tak peduli dengan BBM naik mengakibatkan harga barang-barang ikut naik pula.



                                          Gambar : Pantang Menyerah di Lanjut Usia


Bahkan kami bertemu dengan seorang kakek yang memikul rumput untuk ternaknya dengan senyum ramah. Menurut kakek dan nenek ini, mengapa harus mengeluh, yang penting kerja dan usaha.


Gambar : Cari rumput buat Embek Tersayang

Apapun kondisi kita, jangan sekali-kali berkeluh-kesah. Tirulah penambang batu kars, kakek dan nenek yang berhenti mengeluh. Mengeluh tidak menyelesaikan masalah. Dengan mengeluh mungkinkah ternak-ternak mereka kenyang dan dapur tetap mengepul?

Perjalanan yang mengesankan, naik turun, tanjakannya luar biasa. Bikin hati deg-degan. Suatu saat kami akan melakukan perjalanan yang asyik, hemat dan tidak jauh-jauh amat dari kota Karanganyar.

Karanganyar, 17 Agustus 2013
MERDEKA!