Selasa, 22 Desember 2015

Cara Membuat Link Hidup

Sudah beberapa kali saya mengikuti lomba menulis blog. Kadang-kadang syarat yang diminta tidak terlalu sulit, akan tetapi bagi yang baru belajar seperti saya, syarat tersebut harus dipelajari lebih dahulu. Salah satu syarat dalam lomba penulisan adalah memberikan link hidup. Link ini menuju suatu tulisan atau web tertentu.
Saya termasuk orang yang beruntung karena tidak malu untuk bertanya. Tentu saja semua saya lakukan agar di kemudian hari saya bisa memberikan link hidup tanpa bantuan orang lain. Alhamdulillah karena sering menulis dan ingin tahu banyak hal, saya sering mencoba-coba.
Langkah-langkah membuat link hidup adalah:
1.     Tulislah terlebih dahulu sebuah narasi terlebih dahulu sampai selesai dan berikan gambar seperlunya.
2.     Siapkan link yang akan dituju, dengan cara mengcopy URL-nya
Gambar 1. copy URL
3.     Kata-kata atau kalimat yang akan diberikan link hidup diblok terlebih dahulu. Misalnya, kalimat yang akan saya berikan link hidup adalah : Aku dan Ibu
Gambar 2. Memberi blok kata yang akan diberi link hidup
4.     Kata : Aku dan Ibu yang diblok, lalu Klik link, maka akan keluar semacam ini:
Gambar 3. Gambar kolom untuk memasukkan URL
5.     URL yang sudah kita copy, kita pasang pada kolom yang telah disediakan lalu klik paste. Maka link hidup sudah jadi.
Gambar 4. URL sudah dimasukkan 
6.     Kursor bila berada pada kata-kata atau kalimat yang kita berikan link, akan berubah menjadi gambar telunjuk jari, dan bagian bawah akan terdapat tulisan link yang akan kita tuju. Pada gambar di bawah: Aku dan Ibu merupakan link hidup. pembaca diarahkan ke URL, alamatnya  terdapat pada tulisan di bawah tulisan 1 komentar. 
Gambar 5. Inilah hasil dari Link hidup

Saya belajar membuat link hidup tanpa malu bertanya pada seorang teman yang lebih tahu. Saya bersyukur, teman saya memberikan waktu/kesempatan kepada saya untuk mencoba membuat link hidup dan berhasil. Alhamdulillah, berhasil, berhasil…. Selamat mencoba, semoga berhasil.
Kalimat yang akan saya berikan link hidup adalah : Aku dan Ibu
Karanganyar, 22 Desember 2015