Minggu, 20 Desember 2015

Tetap Langsing Tanpa Diet

Gambar 1. Masih stabil
Sumber: dok.Faiqah Nur Fajri
Menurut survey (entah yang mengadakan siapa dan samplenya orang mana?), perempuan cenderung mempermasalahkan badannya yang sedikit kelebihan berat daripada mencemaskan sakit perut ketika datang bulan. Padahal bisa saja berat badan yang kelebihan sedikit tersebut tak berdampak apapun pada kesehatannya.
Perempuan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi berat badannya agar BB mencapai ideal. Anehnya perempuan cenderung melakukan semua itu dengan berbagai cara (bahkan kadang caranya sangat menyiksa dan merogoh kocek tidak sedikit).
Contoh usaha menurunkan berat badan:
1.     Olahraga tiap hari dan mengubah pola makan. Tidak makan nasi (makanan yang mengandung karbohidrat), hanya makan sayur dan buah.
2.     Olahraga tiap hari dan diet ketat sesuai anjuran/rekomendasi dari orang atau pakar (?) diet. Makan dibatasi dan mengkonsumsi sesuatu yang direkomendasikan (harganya mahal banget).
3.     Makan teratur, porsi dikurangi, tetap makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Olahraga teratur (tidak setiap hari), segalanya berjalan seperti biasa. Berpuasa sunah seperti yang dicontohkan nabi.
4.     Minum obat pelangsing agar nafsu makan hilang.
5.     Masih ada yang lain, silakan menambahkan sendiri
Saya mempunyai pengalaman mempertahankan berat badan tetap pada kondisi seimbang. Caranya gampang yaitu tidak mudah tergiur untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Makan cukup hanya itu saja. Bila makan di luar atau ada acara makan gratis, tidak serta merta saya menggunakan aji mumpung. Justeru saya akan mengambil lauk dan sayur satu macam. Tidak perlu minum teh hijau dikombinasi dengan lemon. Tak perlu pantang nasi.
Makan sewajarnya, puasa sewajarnya, olah raga sewajarnya. Semua tidak berlebihan. Atau mungkin karena sudah dari Allah jatahnya tidak gemuk, jadi makan apa saja tak perlu kuatir. Akan tetapi saya menjaga pola makan dan menerapkan perilaku hidup sehat.
Akan tetapi bagi yang sudah terlanjur gemuk, disyukuri saja kondisi itu. Gemuk berarti makmur. Dengan gemuk kelihatan sexy dan tetap cantik. Bandingkan dengan kondisi setelah program diet berhasil lantas malah kelihatan kurus dan pucat, seperti orang kurang terawat. Semoga bermanfaat tulisan ini.

Karanganyar, 20 Desember 2015