Selasa, 10 Mei 2016

Cara Menilai Orang Lain

Kopdar IIDN
dok.pri
Kadang-kadang kita tidak tahu permasalahan orang lain. Kita bahkan tidak mengenal orang lain, tapi kita sudah memberi penilaian yang salah pada orang tersebut. Setelah memiliki cukup ilmu, saya selalu berpikir positif terhadap orang lain. Saya beranggapan orang lain lebih baik dari saya. Tujuan saya adalah agar saya tidak merasa sombong.
Kalau kita belum tahu siapa mereka, berpikirlah positif terhadap mereka. Belum tentu yang kita nilai buruk lebih buruk dari kita, bisa jadi yang kita anggap tidak baik justeru lebih baik dari kita.
Apalagi kita mengenal seseorang hanya lewat dunia maya dan belum pernah tatap muka sekalipun. Di dunia maya, semua kemungkinan bisa saja terjadi. Dengan tatap muka kita bisa menilai seseorang dari cara bicaranya, dari bahasa tubuhnya dan dari isi pembicaraan.
Kalau kita sudah mengenal seseorang secara dekat baik fisik maupun emosional, pasti kita tidak akan keliru memberi penilaian. Jadi, jangan sok tahu terlebih dahulu. Jadilah orang yang pingin tahu (tapi jangan sok pingin tahu). Dengan demikian kita tidak salah total dalam bertindak dan memperlakukan orang lain.
Orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Itu manusiawi karena tidak ada manusia yang sempurna. Jangan sampai penilaian kita pada orang lain keliru.
Karanganyar, 10 Mei 2016