Sabtu, 18 Juni 2016

Bekerja Sambil Mencari Bahan Untuk Menulis

Hijau, Kebun Jagung
dok.pri
Tugas berada di luar sekolah saya kali ini (Jumat, 17 Juni 2016) berada di sebuah desa. Awalnya saya ditempatkan di kota, akan tetapi saya minta untuk dipindah. Alasan saya, ingin menikmati suasana desa dan memotret. Akhirnya saya di tempatkan di desa Matesih yang udaranya sejuk.

Kami bertiga benar-benar menikmati perjalanan. Meskipun kami dalam keadaan berpuasa, namun semangat kami tetap semangat orang tak berpuasa. Bagi saya bekerja di bulan Ramadan dalan keadaan berpuasa bernilai ibadah.

Lapangan Matesih yang dahulu digunakan untuk kemah acara PMI, sekarang berubah menjadi lapangan dengan lantai keras karena akan digunakan sebagai pasar (kabarnya pasar darurat). Di kiri kanan jalan yang saya lihat hijau, dengan tanaman sayuran, padi yang mulai berisi, air sungai yang mengalir dan suasana tenang.

Sebenarnya keadaan itu juga pernah saya nikmati di sekitar rumah saya. Di belakang rumah saya dahulu sempat saya tanami mentimun, kacang panjang, Lombok, kangkung, sawi dan lain-lain. selain sayuran kadang ada jagung dan makanan pokok yakni padi. Sebenarnya saya juga ingin kembali terjun ke dunia pertanian, tapi waktu saya sangat terbatas. Merawat tanaman tidak boleh sembarangan agar hasilnya maksimal.

Saya dan teman-teman kalau melakukan perjalanan ke mana saja selalu ada topic untuk dibicarakan di dalam mobil. Melihat ayam yang diangkut mobil bukaan, pembicaraan beralih ke daging ayam atau telur. Melihat angkutan umum dengan penumpang berjubel, itu artinya topic pembicaraan beralih ke rumah siswa yang jauh (di pelosok) dengan angkutan umum masih jarang. Kalau lihatnya warung makan, tentu lebih seru lagi. Apalagi kalau warung sate kambing, kami jadi penasaran untuk mencoba. Tapi eits, ini bulan puasa! Kami tak mungkin mencoba makan sate atau tongseng hehe.

Hari ini sebenarnya kami bertugas mencari murid. Siapa tahu di SMK Negeri sudah penuh dan ada murid lulusan SMP yang belum mendapatkan sekolah. tugas kami adalah membujuk agar murid lulusan SMP tadi mau menuntut ilmu di sekolah saya. Perjuangan kami tidak cukup sampai di sini, bukan hanya mencari murid saja melainkan mengajar dan mendidik hingga mereka terampil dan lulus lalu dapat membuka usaha sendiri, bekerja sebagai karyawan atau meneruskan kuliah.

Semoga pekerjaan saya dicatat sebagai ibadah, amin.