Selasa, 14 Juni 2016

Manfaat Teknologi Bagi Guru dan Penulis dalam Kehidupan Sehari-hari

Laptop dan LCD Sarana Penunjang KBM
dok.pri
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi kehidupan sehari-hari bagi manusia. Dampak yang timbul akibat kemajuan teknologi ada yang positif, namun ada pula negatifnya. Adapun salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi adalah penyalahgunaan teknologi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang lain.
Adanya telepon genggam, jaringan internet, mesin ATM, adalah beberapa bentuk kemajuan teknologi selain teknologi tepat guna berupa kamera digital, peralatan kantor (laptop, komputer, printer, dan lain-lain, peralatan listrik (rumah tangga), peralatan berbahan bakar bensin, solar, dan lain-lain. Dari beberapa bentuk peralatan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi tersebut ternyata bisa digunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. Itu contoh dari dampak buruk atau pengaruh negatif dari kemajuan teknologi.
Laptop dan Kamera Sarana Penunjang Membuat Tulisan
dokpri.
00000
Kali ini saya akan membahas dampak positif dari kemajuan dan penggunaan teknologi yang semakin meningkat. Kebetulan saya seorang guru dan penulis yang telah banyak menikmati manfaat dari kemajuan teknologi tersebut.
Beberapa tahun yang lalu, ketika belum ada telepon genggam, flasdisk, data ekternal,laptop, kamera digital, jaringan internet, hampir semua pekerjaan dilakukan dengan penuh kesabaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, semua jadi serba mudah, pekerjaan cepat selesai.
Contoh sederhana adalah kalau dahulu orang akan menyampaikan berita harus lewat surat, yang bisa berhari-hari sampai tujuan. Sekarang tinggal mengirim lewat email atau menyampaikan berita lewat telepon, sms, medsos, berita sudah bisa menyebar ke mana-mana (tujuan positif).
Contoh yang lain adalah seorang guru akan menyampaikan suatu materi, memerlukan alat peraga atau contoh konkrit. Apabila contoh konkritnya sukar didapatkan atau terlalu repot pengadaannya, maka guru bisa menyampaikan materi lewat pemutaran video (sesuai dengan materi yang diajarkan), menampilkan gambar-gambar dan lain-lain.
Seorang guru yang akan menyampaikan materi dengan menayangkan video atau memperlihatkan foto-foto ini memerlukam suatu alat yang bisa untuk menunjang kegiatan KBM, yaitu proyektor LCD. Dengan demikian, selain guru pandai menyampaikan materi pelajaran, guru juga harus bisa mengoperasikan alat.
Nah, kalau belum bisa terus bagaimana dong? Ya, tentu saja harus belajar. Pada dasarnya kemajuan teknologi harus disikapi dengan bijak. Kita harus terbuka dengan kemajuan teknologi ini, jangan menutup diri. Jangan menganggap kemajuan teknologi berdampak buruk (tidak semua kemajuan teknologi berdampak buruk saja loh).
Mempelajari sesuatu yang baru, bagi saya sangat mengasyikkan. Kalau kita malu bertanya pada orang lain yang lebih tahu, kita juga bisa bertanya pada Google. Kalau begitu kita butuh internet dong. Tentu saja, ya. Kan di dunia ini tidak semuanya kita dapatkan secara gratis. Ya, mau dapat ilmunya tentu kita harus mau merelakan sedikit gaji/honor (baik guru PNS maupun non PNS) untuk membeli kuota internet/langganan internet.
Guru memang tidak perlu serba bisa tetapi tetap penting dengan bisa sedikit-sedikit. Mengapa harus tahu sedikit-sedikit pada banyak hal? Ya, biar kita tidak serba tidak tahu. Sebagai guru, jangan gaptek-gaptek amat. Kecuali kalau guru tersebut usianya sudah lanjut, (maaf sekali) menghidupkan dan mematikan computer/laptop, menulis saja nunak-nunuk (tidak gesit). Apakah ada guru yang demikian? Oh, ada saja. Sekian orang dari 100 orang, sudah tak mau belajar,  hehe.
00000
Tahun 1988/1989 saya mulai menulis dan beberapa tulisan saya berupa cerpen dan dongeng pernah dimuat di Koran Kedaulatan Rakyat. Waktu itu, saya menulis dengan mesin ketik manual, pinjaman pula. Untuk sampai redaksi, tulisan harus saya kirim melalui pos. Bila menulis, ternyata tulisannya terdapat kata yang salah, harus ditip-ex. Kalau ada beberapa kalimat yang tulisannya salah, maka harus membuat tulisan pada kertas yang baru. Repot bukan?
Kostum Wajib, Rompi dan Tas
dok.pri
Sekarang mau menulis, ya nulis saja lalu simpan. Nanti bisa diedit, ditambah atau dikurangi. Selesai menulis mau dicetak lalu dikirim lewat pos atau langsung dikirim lewat email, tergantung syarat dan ketentuannya.
Sekarang semua serba praktis berkat kemajuan teknologi. Sebagai penulis, saya merasakan manfaat dari kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi ternyata bisa mengubah kehidupan saya. Sekarang saya menulis tidak hanya untuk dikirim ke redaksi Koran, saya bisa berbagi ilmu dan manfaat dengan menulis di medsos.
Menulis di blog tentang sesuatu yang bermanfaat, tentang parenting, kesehatan, keuangan, agama, pertanian, kehidupan sehari-hari, pendidikan, wisata, makanan dan lain-lain. sesudah memosting tulisan di blog, tulisan juga perlu dibagikan ke facebook, twitter, WA, BBM dan lain-lain. Tujuannya adalah agar bisa berbagi pengalaman dan manfaat untuk orang lain.
Agar tulisan kita memiliki nilai plus, maka perlu ditempelkan foto-foto yang menunjang. Untuk mendapatkan foto yang baik maka harus bisa memanfaatkan teknologi lagi, bukan? Kita memerlukan kamera atau memerlukan ponsel yang ada kameranya. Setelah mendapatkan gambar, tentu saja kita tak bisa sembarang memasang gambar. Kalau ada ketentuan ukuran gambar, maka kita harus bisa mengubah ukuran gambar, misalnya memperkecil ukuran gambar. Kita belajar ilmu baru dong. Santai saja, belajar dengan happy, rasanya gimanaaaa gitu.
Candi Ceto dan Kain Kampuh
dok.pri
Untuk mendapatkan gambar-gambar tertentu, saya kadang-kadang meluangkan waktu melakukan perjalanan wisata. Sudah menjadi kebiasaan, ketika bepergian saya memakai kaos lengan panjang, rompi dan tas. Itu merupakan kostum wajib saya.
Yang paling saya suka adalah mengikuti lomba penulisan. Dengan mengikuti lomba penulisan, kita harus pandai memanfaatkan teknologi. Kalau kita memenangkan lomba dan mendapatkan hadiah, rasanya segala jerih payah kita terbayarkan sudah. Nah, berkat kemajuan teknologi saya bisa memanfaatkan dengan baik dan berhasil mendapatkan materi.
Jadi dampak positif kemajuan teknologi yang saya rasakan adalah mengubah kehidupan saya dari yang biasa menjadi luar biasa.

Tulisan ini diikutsertakan dalam GA, "Lomba ini diselenggarakan oleh IDCopy.net dan Eliska.id"