Rabu, 29 Juni 2016

Penulis Tugasnya Menulis dan Menabung Tulisan

Penulis Tugasnya Menulis dan Menabung Tulisan
Saya berkomitmen untuk menulis setiap hari. Tulisan saya memang gado-gado, saya tidak fokus menulis satu tema saja. Entah itu saya publikasikan atau tidak, yang penting menulis. Dengan menulis dan menyimpan tulisan, maka kemampuan untuk menulis berkualitas semakin terasah. Apalagi ketika tiba-tiba ada lomba menulis, bahagianya saya kalau  memiliki stok tulisan yang temanya sama.
Dua tahun yang lalu saya mulai menulis kisah masa kecil saya. Masa kecil yang beraneka ragam ceritanya. Saya kumpulkan tulisan sedikit demi sedikit. Alhamdulillah, meskipun belum begitu banyak tetapi bagi saya cukup membantu untuk menarik benang yang lain (hehe).
Bahagia tak terperi karena baru saja ada lomba menulis tentang pengalaman masa kecil yang ada kaitannya dengan lebaran. Atau kisah tentang tradisi lebaran. Saya dengan mudah comot tulisan sana-sini, karena ada pembatasan jumlah kata. Hanya poin-poinnya yang saya tuliskan. Sebenarnya, cerita lebaran di masa kecil banyak banget. Karena julah kata dibatasi, maka banyak kalimat dari tulisan yang sudah jadi saya pangkas.
Memang penulis itu harus siap dan sigap  dengan segala macam kondisi. Kalau kondisi masih memungkinkan, saya bisa menulis lebih baik lagi. Hanya saja karena DL-nya mepet dan saya juga harus menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya, maka tulisan yang sudah jadi tinggal diposting saja. Tak perlu edit sana-sini. Kebanyakan mengedit malah seperti menulis artikel baru lagi.
Sekarang lagi suka menulis. Mumpung waktunya longgar, liburan tak mengajar. Semoga setiap tulisan yang saya simpan/posting suatu saat bisa bermanfaat.