Jumat, 17 Juni 2016

Sedekah Berbuka Puasa Bersama Seorang Gadis Buat Teman-temannya

Faiq with friends
dok.pri
Siang itu seorang gadis menelepon Ibunya. Dia minta untuk dipesankan lauk dalam jumlah besar. Oleh karena sang Ibu akan menunaikan ibadah shalat zuhur, maka telepon segera dimatikan.

Akhirnya Ibu-anak tersebut bertemu di warung ayam bakar tak jauh dari kota.
“Sudah pesan?”tanya Ibu
“Belum.”
“Teman-teman iurannya berapa rupiah per anak?”
“Tidak iuran. Ibu kemarin mau mengundang teman-teman untuk berbuka puasa bersama. Kali ini kami mau berbuka puasa di rumah teman. Aku sudah menyanggupi membawa ayam bakarnya.”

Ibunya paham setelah anaknya menjelaskan maksudnya. Gadisnya berencana untuk mengadakan bukber di rumah temannya. Temannya akan menyediakan nasi dan minumannya. Sedangkan si gadis menyediakan lauknya untuk 30 orang. Anak-anak SMA tersebut mengadakan bukber di hari Jumat terakhir pertemuan mereka, sebab hari Sabtu mereka akan terima rapor. Setelah terima rapor, mereka libur 1 bulan.

Selain makan dan minum, iuran yang jumlahnya kecil khusus untuk membuat es buah dan mungkin kudapan ala kadarnya. Si gadis sudah tahu kebiasaan kedua orang tuanya yang sering mengadakan bukber untuk murid-muridnya. Kali ini si gadis minta sedikit perhatian, sedikit sedekah yang akan dikeluarkan pada Ramadan tahun ini.

Siapa tahu semua bisa dipakai untuk pembelajaran. Bagaimanapun pedidikan diajarkan lewat contoh, bukan hanya lewat ceramah. Si gadis berharap, dengan bukber semacam ini akan banyak membawa hikmah. Bandingkan bila bukber dilakukan di rumah makan. Sekarang sedang marak bukber di rumah makan, di tempat-tempat lesehan, di resto atau di mana saja.


Bukber di rumah salah satu siswa akan menjalin keakraban, anak-anak juga mengenal keluarga teman-temannya. Sedekah yang dikeluarkan orang tua, juga merupakan sedekah bagi anak-anaknya. Semoga Allah senantiasa menitipkan rezeki yang barokah untuk orang-orang yang mengeluarkan sedekah di bulan Ramadan. Baik memdapatkan pahala secara estafet maupun pahala untuk dirinya sendiri.