Kamis, 28 Juli 2016

Benda Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian #28

Tas Multifungsi
dok.pri
Benda Yang Wajib Dibawa Saat Bepergian #28
Sebenarnya saya tidak hobi bepergian. Kalaupun saya harus bepergian, pasti itu karena ada kepentingan. Saya selalu berpikir untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Saya menyadari, betapa sangat berharganya waktu saya. Maklum, setelah status menjadi ibu-ibu, saya harus pandai-pandai membagi waktu.
Bila bepergian, saya juga harus mengatur sedemikian rupa, sehingga waktu bisa saya gunakan secara optimal. Saat bepergian saya harus menyiapkan benda-benda yang akan saya bawa. Tentu saja benda-benda tersebut sudah jelas fungsi dan kegunaannya.
Berikut ini adalah benda-benda yang harus saya bawa saat bepergian:
1.      Rompi
Saya memang tidak pernah lepas dari rompi. Ada 4 rompi, yang warnanya sama 2 buah (krem), yang lain hijau dan biru. Akan tetapi saya lebih suka memakai rompi warna krem. Karena ada 2 rompi warna krem, biasanya saya diolok teman-teman rompinya tidak pernah ganti.
Saat bepergian, saya juga nyaman memakai rompi. Teman-teman mengatakan rompi adalah kostum wajib bagi saya. Mungkin bagi orang lain tidak ada yang istimewa dengan rompi saya tetapi bagi saya rompi yang saya kenakan memiliki fungsi. Rompi dengan 2 buah saku besar, tentu ada fungsinya.
2.      Tas
Kalau tidak bepergian jauh, atau tidak dalam rangka wisata, saya hanya membawa satu tas. Tas yang saya selempangkan menyamping talinya. Kalau bepergian jauh atau wisata, saya membawa dua tas. Tas selempang dan tas ransel. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.
Tas selempang hanya berisi benda-benda ringan. Misalnya dompet (beserta isinya), hape, alat tulis, kamera. Untuk tas ransel berisi pakaian, mukena, dan makanan ringan.
3.      Telepon genggam
Telepon gemggam wajib saya bawa. Fungsinya untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun teman/kerabat. Apalagi bila bepergian keluar kota, siapa tahu bisa silaturahmi ke rumah teman/kerabat di kota tersebut. Kalau tidak membawa hape, jelas ini sangat merepotkan. Hape, sekarang bukan merupakan barang mewah untuk memenuhi gaya hidup. Hape adalah alat untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi hape yang ada kameranya, penting sekali.
4.      Alat tulis
Alat tulis ini berupa buku/notes dan bolpoin. Dengan alat tulis ini, tentu saya bisa menuliskan kata kunci berbagai informasi atau sesuatu yang saya lihat. Yang saya tulis adalah kata kunci saja. Kadang-kadang saya menuliskan rute perjalanan.
5.      Kartu identitas
KTP wajib saya bawa. Selain KTP, ada kartu identitas lain yang saya bawa. Kartu identitas ini biasanya diminta untuk ditunjukkan bila ada razia/operasi. Ya, semoga semua aman-aman saja.
6.      Uang
Uang yang saya bawa biasanya saya sesuaikan kebutuhannya. Saya tidak membawa uang berlebihan. Kalau saya naik sepeda onthel, sepeda motor atau membonceng, isi dompet berbeda jumlahnya. Kalau naik sepeda motor atau membonceng, saya perlu menyiapkan uang untuk membeli bensin. Harapannya tidak ada kejadian tak mengenakkan.
Selain untuk membeli bensin, juga untuk makan di warung/angkringan. Yang murah meriah saja, bukan yang berlebihan menguras kantong.
7.      Kamera
Sekarang zamannya cekrek-cekrek. Saya akan mengambil gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Kalaupun ada gambar yang saya ambil asal cekrek, harapannya semoga suatu saat bisa digunakan untuk mendukung tulisan yang akan diposting.
Rasanya rugi kalau kamera tidak masuk daftar dalam benda yang harus dibawa saat bepergian. Asal penggunaannya tidak berlebihan saja, pasti tak menimbulkan bisik-bisik sinis dari orang yang melihat kita.
8.      Minyak kayu putih
Minyak kayu putih saya bawa untuk berjaga-jaga saja. Biasanya saya mabuk tempat yang tinggi. Bila di tempat yang tinggi, misal pegunungan, kepala sedikit pusing. Biasanya hanya sebentar saja.
9.      Parasetamol
Selain minyak kayu putih, saya juga memerlukan parasetamol bila kepala pusing. Parasetamol saya minum bila pusingnya sudah tak bisa ditahan. Bila minum teh panas saja badan terasa segar kembali, itu artinya saya bebas obat-obatan. Saya tidak membawa obat yang lain karena saya alergi beberapa obat-obatan.
10.  Minuman dan Makanan
Biasanya saya membawa teh manis dan air putih untuk persediaan. Daripada membeli lebih baik membawa sendiri. Inilah seninya bepergian ngirit. Kalau minuman habis, ya tetap harus beli. Tidak mentang-mentang melakukan pengiritan terus hausnya ditahan sampai pulang. Kalau seperti itu bukan lagi pengiritan, melainkan pelit. Selain minuman tentu saja dengan makanan ringan sebagai camilannya.

Nah, itulah kurang lebih benda-benda yang wajib saya bawa saat bepergian. Mungkin Anda tidak sama dengan saya. Setidaknya ada yang fungsinya sama. Semoga bermanfaat.

Karanganyar, 28 Juli 2016