Senin, 11 Juli 2016

Lebaran Ini Kita Tak Muda Lagi #11

Shalat Id
dok.pri
Lebaran Ini Kita Tak Muda Lagi #11
Saya tidak mengatakan semakin hari semakin tua. Ah, saya sih masih kelihatan berumur belasan tahun. Saya harus memotivasi dan percaya diri. Sudah tahu usianya terus merambat kok muda terus, tidak mungkin ya.
Tak apalah usia kita bertambah, jatah umur semakin berkurang. Uban mulai merata, kulit tak lagi kencang, berjalan tak seenergik kala 17 tahun, kena udara dingin harus segera memakai jaket, tapi tetap memiliki semangat dan berjiwa muda.
Tiap bertemu momen lebaran, kita tak bisa menipu diri. Dahulu sekali, lebaran sebelumnya saya belum menikah. Tahun berikutnya saya sudah menggendong bayi mungil, menggemaskan. Beberapa tahun kemudian uban mulai bermunculan tanpa permisi. Sepuluh tahun berikutnya si kecil lahir. Dan tahun ini, saya melihat anak gadis tinggi badannya semakin melampaui maminya.
Keluarga kecil Budiarso
dok.Faiqah Nur Fajri
Lebaran ini kita tak muda lagi. Oleh sebab itu kita harus semakin mendekatkan diri. Kita tak bisa bersantai-santai, atau bekerja keras hanya untuk mengumpulkan materi. Kali ini kita harus mulai mengumpulkan bekal untuk pulang kampung.
Kalau lebaran kita harus mudik ke kampung halaman. Tapi untuk pulang kampung, kita tak akan bisa balik lagi. Pulang kampung artinya meninggalkan dunia fana. Bukan materi yang akan kita bawa, melainkan amal.
Mumpung masih sehat dan bisa berkarya, berikanlah karya terbaik kita untuk kepentingan sesama. Bila kita tak memiliki karya besar, setidaknya kita bisa memberi manfaat untuk keluarga kita, untuk masyarakat sekitar.
Lebaran ini kita tak muda lagi, tapi ayo kita bersemangat seperti ketika masih muda.
Karanganyar, 11 Juli 2016