Jumat, 29 Juli 2016

Obat-obatan Yang Tersedia di Rumah #29

Penurun panas
dok.pri
Obat-obatan Yang Tersedia di Rumah #29
Setiap  orang pasti menginginkan selalu sehat badannya. Akan tetapi kadang-kadang penyakit ringan tiba-tiba datang tanpa permisi. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita memerlukan obat yang biasa kita konsumsi. Di rumah, keluarga kecil saya menyediakan obat-obatan minimal yang bisa dikonsumsi/digunakan sebagai solusi darurat (sebelum ke dokter). Obat-obatan tersebut antara lain:
1.      Obat penurun panas
Sebenarnya obat penurun panas tidak semata-mata berfungsi menurunkan suhu badan saja. Obat ini juga bisa diminum untuk mengatasi sakit kepala, nyeri, dan radang.  
2.      Anti diare
Sakit perut, bisa saja karena makan pedas, masuk angin, dan keracunan makanan. Untuk mengatasi diare, saya menyediakan anti diare. Selain anti diare berupa obat, di rumah sedia teh setiap saat. Teh kental manis ditambah gula bisa digunakan sebagai anti diare dan bisa juga berfungsi sebagai oralit. Biasanya bila diare, badan menjadi lemas maka kita perlu oralit. Oralit bisa dibuat sendiri yaitu air putih yang diberi gula dan sedikit garam.
3.      Minyak kayu putih
Bila badan pegal, digigit serangga, menghangatkan badan dan lain-lain saya memerlukan minyak kayu putih. Memijat lengan atau pundak dengan minyak kaayu putih, bisa menguraangi sakit kepala.
4.      Balsam
Fungsi dari balsam sebenarnya hampir sama dengan minyak kayu putih. Hanya saja tingkat kehangatannya lebih besar balsam dibanding minyak kaayu putih.
5.      Obat luka/anti septik
Obat luka ini kami gunakan bila lukanya tidak serius.
6.      Cairan pembersih luka
Cairan ini digunakan setelah luka dibersihkan memakai air lalu dikeringkan. Setelah itu luka dibersihkan memakai cairan ini sebelum diberi anti septik.
7.      Anti Alergi
Bila kami tiba-tiba terserang alergi, ada obat alergi yang kami siapkan. Setelah minum obat alergi ini, maka kami tidak melakukaan aktivitas yang sifatnya serius. Mengapa demikian? Sebab efek samping bilaa kita minum obat anti alergi adalah mengantuk.
Itulah beberapa obat yang tersedia di rumah kami. Memang macam obatnya tak terlalu banyak. Untuk penyakit ringan yang tiba-tiba datang, bisa diobati dengan obat-obatan di atas. Apabila ternyata sakitnya memerlukan pengobatan dari dokter, tetap saja ke dokter.
Kami berusaha semaksimal mungkin tidak pergi ke dokter. Kami juga berusaha untuk meminimalkan minum obat-obatan. Doa kami selalu sehat setiap hari. Amin.

Karanganyar, 29 Juli 2016