Jumat, 19 Agustus 2016

Karnaval Merdeka Kabupaten Karanganyar 2016

Di Panggung Kehormatan
dok.Budiarso
Karnaval Merdeka Kabupaten Karanganyar 2016
Rangkaian kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan RI tahun ini, sekolah tempat saya mengajar mengikuti karnaval. Karnaval diselenggarakan hari Jumat, 19 Agustus 2016. Mengambil start dari Alun-alun Karanganyar dan finish di Taman Pancasila.
Sebenarnya sehari sebelumnya ada karnaval tingkat kecamatan. Kebetulan sekolah tidak mengikuti karena di sekolah acaranya sangat padat. Selain itu, hari Kamis kemarin mempersiapkan untuk karnaval hari ini.
Saya dan suami, kebetulan di sekolah memiliki tugas masing-masing. Pokoknya saya pasrah bongkokan, si kecil saya percayakan pada suami. Maklum, kami tak memiliki asisten rumah tangga, sedangkan Taman Penitipan Anak khusus hari ini juga tidak buka sampai sore. Kakak hari ini mengikuti les tambahan.
Mau tidak mau Faiz harus ikut ayahnya. Saya percaya, suami luwes bisa momong Faiz sambil menjalankan tugas dari sekolah. Sip, semoga semua berjalan dengan lancar. Tugas suami adalah mengambil gambar alias sebagai fotografer.
Saya dan rombongan berada di alun-alun. No urut peserta karnaval adalah 30. Saya asyik mengobrol dengan teman-teman. Tiba-tiba salah seorang teman saya memanggil saya dan memaksa saya untuk mengikutinya. Batin saya, apaan nih?
Ternyata saya diberi kejutan oleh teman-teman saya. Karena nanti ada sendratari kilat yang akan diperagakan di depan Panggung Kehormatan, maka diperlukan mobil becak yang digunakan untuk membawa soundsistem. Di becak tersebut saya lihat si kecil Faiz duduk manis, bahagia sekali.
Saya kaget, kok Faiz bisa di sini? Ternyata kontingen sekolah suami menyiapkan diri di depan masjid tepat di depan mobil becak sekolah saya. Tiba-tiba suami muncul langsung mengambil gambar pertemuan saya dengan Faiz.
Akhirnya teman-teman saya mengizinkan Faiz duduk manis di mobil becak. Alhamdulillah, saya dan suami bisa berdua langsung terlibat menjaga Faiz tanpa meninggalkan tugas dari sekolah. Saya lihat Faiz sangat suka. Bahagianya saya memang sederhana, yaitu bisa membahagiakan Faiz tanpa keluar uang. Padahal untuk menyewa mobil becak muter alun-alun biasanya membayar lima ribu rupiah. Sore ini Faiz naik mobil becak dari alun-alun menuju taman lalu ke sekolah, tidak perlu keluar ongkos alias gratis.
Saya tetap bisa mengambil gambar tanpa diganggu Faiz. Suami juga bisa leluasa memotret. Alhamdulillah, kontingan sekolah suami dan sekolah saya sampai finish belum terlalu sore. Semoga kegiatan karnaval hari ini membawa berkah, amin.
Sekali Merdeka Tetap Merdeka

Karanganyar, 19 Agustus 2016. 
SMP N 2 Karanganyaar
dok.Budiarso
SMK Tunas Muda Karanganyar
dok.pri