Rabu, 03 Agustus 2016

Penyebab Perempuan Yang Tak Memberikan ASI

Nutrisi Untuk Memperlancar ASI
dok.pri
Penyebab Perempuan Yang Tak Memberikan ASI
Bagi perempuan, mengandung anak apalagi anak pertama, sungguh sangat membahagiakan. Perempuan mana pun ingin dapat menyusui anaknya hingga sang anak berusia 2 tahun. Pada usia kehamilan 8 bulan, calon Ibu sudah mempersiapkan diri, melakukan banyak hal agar nantinya ASI dapat keluar dan si baby mau menyusui.  
Setelah melahirkan, ada beberapa cara untuk merangsang agar ASI bisa keluar dan si baby mau minum ASI. Ternyata oh ternyata, tak sesederhana yang kita bayangkan. Ternyata ada beberapa Ibu yang tak bisa memberikan ASI untuk anaknya. Ada beberapa faktor yang membuat ASI tidak bisa diberikan untuk anaknya. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah:
1.      Kurangnya stimulasi menyusui
2.      Kelelahan, stress, dan penyakit Ibu
3.      Kafein, rokok dan alkohol
4.      Obat-obatan dan pil KB
5.      Diet dan hamil saat menyusui
6.      Riwayat operasi payudara
Adapun solusi supaya ASI keluar, antara lain dengan :
1.      Keinginan yang kuat untuk memberikaan nutrisi yang terbaikbagi si baby,
2.      Dukungan suami dan keluarga,
3.      Suasana hati yang nyaman dan gembira,
4.      Nutrisi untuk memperlancar ASI
Kalau kita melihat/tahu ada seorang perempuan alias seorang Ibu yang tidak menyusui anaknya, jangan sinis terlebih dahulu, jangan berburuk sangka. Siapa tahu memang ASI benar-benar tidak keluar, atau keluar hanya sedikit lalu berhenti dengan sendirinya.
Memang ada beberapa Ibu yang sengaja tidak memberikan ASI pada anaknya dengan alasan sibuk. Tapi jumlah dari mereka tidak banyak. Sebagian besar Ibu yang tak memberikan ASI karena sebab-sebab yang sudah disebutkan di atas.
Kebetulan saya dapat memberikan ASI bagi kedua anak saya hingga mereka berusia dua tahun. Bahkan ketika saya harus menyapih, saya mengalami kesulitan. Meskipun tidak sampai melimpah ruah, tapi persediaan ASI buat anak-anak cukup. Ketika saya harus berhenti memberi ASI, badan saya sakit semua, panas dingin, meriang sampai beberapa hari.
Ketika saya tahu ada beberapa kenalan yang tak bisa memberikan ASI karena suatu hal, saya justeru merasa kasihan. Padahal mereka benar-benar ingin memberikan ASI buat anaknya. Jadi, jangan sinis terhadap mereka, kaum Ibu/perempuan yang tak memberi ASI.
Semoga bermanfaat.

Karanganyar, 3 Agustus 2016