Senin, 01 Agustus 2016

Permainan Seru Gobag Sodor

Gobag sodor, SMK Tunas Muda
dok.pri
Permainan anak yang paling berkesan dan sampai sekarang masih dilakukan anak-anak adalah gobag sodor. Gobag sodor dimainkan secara berkelompok/grup. Dalam permainan ini diperlukan stamina dan fisik yang kuat (karena harus lari secara cepat). Selain itu para pemain juga pandai mengatur strategi, ketangkasan, kecerdasan dan kecerdikan. Dalam satu grup harus ada kerja sama yang baik.

Permainan gobag sodor adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Dibutuhkan lapangan dengan ukuran menyesuaikan jumlah pemain-pemainnya. Permainan ini bisa dilakukan anak-anak sekolah sebab di sekolah ada lapangan/halaman.Lapangan ini dibuat kamar-kamar (atau garis-garis membatasi kotak/kamar).


Inti permainannya adalah menghadang lawan (bagi grup penjaga garis) agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup (bagi grup yang dihadang/lari bolak-balik) harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Karanganyar, 1 Agustus 2016