Senin, 31 Oktober 2016

Mengelola Blog dengan Baik

Pemeriksaan Tekanan Darah
dok.pri

Bagi saya menulis itu melalui proses yang panjang, semua tidak dilakukan serba instan. Belajar dan belajar tak pernah bosan dan berhenti. Itulah saya. Ketika ada yang bilang blog saya isinya narasi yang panjang, saya bilang narasi yang panjang berguna untuk menjelaskan sesuatu.
Seperti kemarin waktu bertemu salah seorang anggota komunitas Pencinta Alam Puma Peta. Dia bertanya, kok saya bisa menulis panjang-panjang. Ya, memang penulis itu harus bisa menangkap informasi yang diperoleh lalu dituangkan dalam bentuk tulisan. Diberikan penjelasan yang detil agar pembaca tidak bingung. Penulis harus bisa memberikan/menulis berita yang informatif. Detil tapi tidak bertele-tele.
Selain itu bahasa yang dipakai harus ringan, agar pembaca tidak mengerutkan kening. Serius tapi ringan, tidak berat.
Ketika saya membuka blog yang dikelolanya, sebenarnya banyak berita penting yang akan disampaikan. Contoh baksos yang diadakan di Boyolali setelah Gunung Merapi mengeluarkan material panas. Foto-foto yang ditampilkan banyak. Tapi tak ada kalimat-kalimat yang menceritakan kejadian di sekitar Boyolali. Memang foto bisa bicara. Tapi alangkah sempurnanya bila diberikan keterangan yang menarik. Karena dia tidak bisa menulis/bercerita panjang lebar maka dia memosting foto-foto yang menceritakan tentang agenda kegiatan di komunitasnya.
Selain itu, banyak acara baksos yang lain dilakukan oleh komunitas pencinta alam ini. Dan, semua kegiatan ada foto-fotomya, tapi tidak disertai keterangan yang menarik.
Saya pernah mengikuti kegiatan baksos yang diselenggarakan komunitas pencinta alam tersebut. Saya bisa menuliskan berita beserta memberikan gambar-gambar yang mendukung pada acara tersebut. Hasilnya luar biasa. Komunitas pencinta alam tersebut puas dengan berita yang saya buat.
Bahagianya saya bisa berbagi informasi untuk orang banyak. Apa yang sudah saya sampaikan melalui tulisan dan foto semoga bermanfaat. Dan, tidak lupa saya mengajak para pembaca untuk menulis juga. Segera dan jangan ditunda untuk menulis.

Karanganyar, 31 Oktober 2016