Senin, 28 November 2016

Bentuk Pembelajaran Berbasis TIK (e-learning)

Dalam pembelajaran berbasis TIK terdapat perbedaan komunikasi antara pembelajaran langsung (synchronous) dan tidak langsung (ansyncronous), dengan sebuah terminology untuk mendeskripsikan bagaimana dan kapan pembelajaran berlangsung.
a.    Pembelajaran Langsung (Syncronous Learning)
Dalam pembelajaran langsung proses belajar dan mengajar berlangsung dalam waktu yang sama (real time) walaupun pendidik dan para peserta didik secara fisik berada pada tempat  yang berbeda satu sama lain. Sebagai contoh :
1)    Mendengarkan siaran radio
2)    Menonton siaran televise
3)    Konferensi audio/video
4)    Telepon internet
5)    Chatting
6)    Siaran langsung satelit dua arah
b.    Pembelajaran Tak Langsung (Ansyncronous Learning)
Dalam pembelajaran tidak langsung, proses belajar dan mengajar berlangsung dengan adanya delay waktu (waktu yang berbeda) dan pendidik dan peserta didik secara fisik berada pada tempat yang berbeda. Sebagai contoh yaitu :
1)    Belajar sendiri menggunakan internet atau CD-Rom
2)    Kelas belajar dengan menggunakan video tape
3)    Presentasi web atau seminar menggunakan audio/video
4)    Rekaman suara
5)    Mentoring Tanya jawab
6)    Membaca pesan e-mail
7)    Mengakses content online
8)    Forum diskusi
Karakteristik dari pembelajaran tidak langsung adalah pendidik harus mempersiapkan terlebih dahulu materi belajar sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Agar materi cukup menarik untuk dibaca atau dipelajari maka materi atau bahan ajar disusun sedemikian rupa. Seorang penyusun modul akan menyeting ilustrasi-ilustrasi bentuk visual di antaranya video atau minimal gambar-gambar.

Sumber tulisan :
Suryanto, M.Pd. 2016. Modul pelatihan Guru, mata Pelajaran Kimia (Teknologi dan Rekayasa) SMK, Kelompok Kompetensi E, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Malang.