Rabu, 22 Februari 2017

Meluangkan Waktu Untuk Menulis dan Berkumpul dengan Penulis

Ada beberapa orang yang menghabiskan waktu untuk mengobrol dan bercanda. Ada yang asyik jalan-jalan ke mall dan berbelanja. Ada yang bersepeda, berolahraga dan lain-lain. Semua memiliki alasan mengapa melakukan semua itu dalam mengisi waktunya. Dan, mereka mengklaim bahwa apa yang dilakukan bermanfaat.
Sebagai seorang yang memiliki hobi menulis, maka waktu luang saya gunakan untuk menulis.   Selain menggunakan waktu luang, saya juga harus meluangkan waktu untuk menulis. Kadang-kadang kalau tidak meluangkan waktu untuk menulis, tidak ada waktu. Bila menulis hanya menggunakan sisa waktu maka hasilnya kurang maksimal.
Berkumpul dengan penulis, juga harus meluangkan waktu khusus. Sering agenda kopdar dan acara lainnya waktunya bersamaan. Suatu saat saya tidak bisa datang di acara kopdar karena ada acara yang lain yang lebih penting. Kalau sering tidak mengikuti kopdar, lama kelamaan menganggap acara kopdar penulis ini tidak penting.
Oleh sebab itu, saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk meluangkan waktu. Bertemu teman menulis itu sangat menyenangkan. Kita bisa menimba ilmu dari mereka yang lebih berpengalaman secara gratis.
Saya juga akan meluangkan waktu untuk menulis. Kalau kita bersungguh-sungguh dalam menulis, waktu yang kita gunakan juga tidak banyak. Cukup 30 menit sampai 2 jam saja.

Karanganyar, 23 Februari 2017