Selasa, 21 Februari 2017

Mendapat Honor Menulis dari Diri Sendiri

Rasanya lucu dan aneh ya, mendapatkan honor dari diri kita sendiri. Sebenarnya hal ini dilakukan untuk memacu kita agar tetap semangat dalam menulis. Tidak peduli nantinya yang kita tulis layak muat di media atau layak diterbitan jadi buku atau tidak. Yang jelas, dengan memberi honor kepada diri sendiri berarti kita sudah menghargai usaha keras kita dalam menulis.
Kalau kemudian tulisan kita dimuat di media dan mendapat honor, atau naskah kita dibeli orang atau kalau sudah terbit dan mendapat royalty, maka itu rezeki nomplok yang tak pernah kita duga sebelumnya. Kita semakin tambah bersyukur.
Misalnya, setiap satu halaman selesai kita tulis, kita hargai dengan honor beberapa ribu rupiah. Kalau sebulan kita bisa menulis 60 halaman, berarti kita mendapat honor berapa rupiah. Namun, yang disayangkan adalah kita mudah bosan, jenuh dan patah semangat bila tulisan kita tidak dimuat atau ditolak.   
Sudahkah kita menulis rutin setiap hari? Mungkin, mulai sekarang saatnya untuk menerapkan memberi honor pada diri sendiri. Tujuannya agar kita berusaha menulis lebih baik lagi.

Karanganyar, 21 Februari 2017