Rabu, 01 Februari 2017

Rekam KTP-el Tidak Pakai Lama

Hari ini adalah hari baik bagi Faiq sebab hari ini Faiq bisa ke kantor Dukcapil diantar Ayah. Sebenarnya sekitar 2 minggu yang lalu Faiq minta pada Ayah untuk mengantar ke tempat rekam KTP-el. Tentu saja Ayah harus mencari waktu yang tepat. Ayah tidak mungkin meninggalkan pekerjaan di sembarang waktu.
Sejak pagi saya sudah memberi komando pada Faiq untuk membawa berkas yang diperlukan. Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran difotokopi di rumah. Saya meminta untuk menyiapkan beberapa lembar fotokopi Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.
Kurang lebih jam Sembilan pagi, Faiq dan Ayah langsung menuju kantor Dukcapil. Faiq mengantre di tempat pendaftaran. Setelah dipanggil, Faiq mengisi data-data, melakukan rekaman (rekam KTP-el), lalu foto.
Jam sepuluh lebih sedikit, Faiq menerima surat keterangan berisi tentang rekam KTP-el telah dilaksanakan dan surat tersebut digunakan sebagai KTP sementara.
Inilah isi surat keterangannya:
SURAT KETERANGAN
Nomor : ______
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah :
Nama               : _________, SH. MM
NIP                 : ----
Jabatan                        : Kepala Dinas Dukcapil
Alamat                        : Jl. ____ Karanganyar
Menerangkan bahwa:
NIK                 : 3313______
Nama               : Faiqah NF
Tempat/tgl lahir           : Kra, ___ tahun millennium
Jenis kelamin   : Pr
Alamat                        : Manggeh
            RT/RW : ___
            Kel/Desa : ___
            Kec      : Kra
Agama             : Islam
Status Perkawinan : ___
Pekerjaan         : Pelajar/mahasiswa
Kewarganegaraan       : WNI
Penduduk tersebut di atas benar-benar sudah melakukan perekaman KTP-el dan penduduk yang bersangkutan telah terdata dalam Database Kependudukan Kabupaten Karanganyar.
Demikian Surat Keterangan ini kami buat sebagai pengganti KTP-el, dipergunakan untuk kepentingan Pemilu, Pemilukada, Pilkades, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan lain-lain, dan kepada yang berkepentingan agar menjadi maklum.
Surat Keterangan ini berlaku selama 6 (enam) bulan sejak diterbitkan.
Karanganyar, 31 Januari 2017
Kadindukcapil Kra

_______ SH.MM
NIP.----
00000

Ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang kita butuhkan tidak keluar uang sedikit pun dan pelayanannya cepat. Kebetulan hari itu antreannya tidak banyak, jadi cepat selesai gak pakai lama. .