Jumat, 10 Februari 2017

Saya Bangga Bisa Berbagi Berita

Air Terjun Jumog, Ngargoyoso, Karanganyar, Jateng

Menulis, itu hobi, kegemaran dan kesukaan saya mulai dari kelas 2 SMP. Waktu itu kegiatan saya menulis buku harian. Buku harian isinys juga tidak penting-penting amat yang ditulis. Nah, ketika SMA dan kuliah, buku harian itu sangat membantu saya untuk mengingat-ingat suatu peristiwa.
Buku harian itu akhirnya sebagian saya musnahkan dengan cara saya bakar. Saya tidak ingin orang lain menemukan dan membaca utuh buku harian saya, yang sebagian berisi tentang keseharian dan kehidupan saya.
Saya sangat beruntung, bisa menulis buku harian. Namanya buku harian, jadi yang ditulis seputar aktivitas sehari-hari. Alhamdulillah, dengan buku harian tersebut, saya bisa belajar menulis dengan sistematis. Walaupun kadang sedikit berlebihan, tapi tetap saja ada rambu-rambunya, tidak asal nulis.
Sering menulis buku harian membuat saya ingin menulis sesuatu yang bisa dibaca oleh orang lain. Membuat cerita anak lalu mengirimkan ke media, lalu dimuat, rasanya berbunga-bunga, dan bangga. Padahal yang ditulis tidak seberapa, tidak memberikan pengaruh pada orang lain. Paling-paling hanya memberi hiburan semata.
Sampai sekarang, Alhamdulillah kegiatan menulis saya tidak berhenti. Saya ingin bisa rutin menulis. Saya ingin hidup saya bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Ternyata, menulis itu bisa dijadikan profesi dan menulis bisa mendatangkan uang.
Uang? Kalau mendengar kata uang, saya kok jadi semangat sama semangatnya dengan teman-teman penulis. Bukannya sok lo, saya menulis tidak semata-mata untuk mendapatkan uang. Saya memiliki prinsip menulis itu untuk berbagi dan menulis dengan hati. Kalau kemudian dari menulis saya mendapatkan banyak materi lebih-lebih uang, saya tidak bakal menolak. Tetap saya terima. Toh, uang dari menulis adalah halal.
Saya sering membagikan informasi untuk diketahui oleh banyak orang. Alhamdulillah, sudah 4 kali tulisan saya menghiasi kolom Jurnalisme Warga, Koran SOLOPOS. Tulisan yang dimuat ini tidak mendapatkan honor, tapi saya puas.
Saya juga sering mengisi blog, dengan harapan apa yang saya tulis dan dibaca orang lain bisa bermanfaat. Berbagi manfaat, berbagi ilmu kan dapat pahala, hehe.
Saya tahu, para pembaca lebih pandai dan lebih berpengalaman dari saya. Tapi, mungkin sebagian pembaca kan tidak menulis (bukan penulis). Jadi, saya memiliki nilai plus.
Menurut saya, berbagi berita dan berita tersebut bermanfaat bagi orang lain, tentu membuat saya juga senang. Tidak sia-sia saya menuliskan semua itu. Menulis, bagi saya tidak asal menulis. Saya perlu ilmu menulis juga agar tulisan saya enak dibaca orang lain. Bagi saya sendiri, kegiatan menulis saya sangat bermanfaat. Saya menjadi lebih hati-hati dalam mengungkapkan sesuatu secara lisan (tidak ceplas-ceplos tanpa pikir panjang), hidup saya lebih teratur dan merasa tenang, nyaman, serta bisa lebih menghargai waktu.
Sebisa mungkin saya ingin berbagi berita. Meskipun tidak seprofesional jurnalis sejati, minimal saya menulis berita bukan berita hoax.
Berbagilah manfaat untuk orang lain. Kalau kita tak bisa berbagi materi, berbagilah tulisan!
Karanganyar, 10 Pebruari 2017