Selasa, 05 September 2017

Cara Mengolah Sukun Dengan Mengukus

Di depan rumah kami, pohon sukun menjulang tinggi. Pohon sukun ditanam sejak tahun 2002. Kalau persediaan airnya cukup, buah sukun tidak akan rontok di saat muda. Banyaknya buah yang bisa kami panen tidaklah sama. Kadang-kadang dalam masa sekali berbuah, jumlah buah sukun banyak, kadang-kadang sedikit.
Meskipun tiap pohon berbuah, buahnya sangat menggiurkan, tapi saya jarang mengolahnya. Biasanya teman, saudara atau tetangga mau mengolah buah sukun yang sudah tua.
Saya sendiri pernah membuah keripik sukun, menggoreng sukun dengan diberi bumbu bawang putih dan garam, atau kalau sukun sudah matang di pohon, saya membuat prol sukun. Cara membuat prol sukun yaitu siapkan adonan gandum yang sudah diberi vanili, sukun yang sudah matang dicomot lalu dicelupkan ke dalam adonan gandum lalu digoreng. Rasanya mantap.
Malam ini, suami mendapatkan jatah untuk menyelenggarakan arisan RT di rumah. Untuk menyiapkan kudapan, saya memilih yang praktis saja. Ada kue, tahu bacem, dan kacang telur. Makanan berat yang dibawakan pulang untuk tamu kami adalah nasi boks.
Oleh karena suami sudah memanen sukun yang masak dipohon, mau tidak mau, saya harus mengolahnya. Suami menginginkan yang praktis saja, yaitu sukun dikukus. Tugas saya hanya mengupas, memotong kecil-kecil lalu mengukus beberapa menit saja. Sepertinya rasanya mantap dan aromanya harum. Ketika saya mencicipi, rasanya benar-benar nikmat. Ternyata dengan mengolah secara sederhana, saya mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan.
Bagi Anda yang tidak mau repot mengolah sukun, cobalah untuk mengukus sukun yang sudah masak di pohon. Selamat mencoba!

Karanganyar, 5 September 2017