Kamis, 21 September 2017

Olahraga Ringan Jalan Santai Keliling Lingkungan Sekolah


Olahraga Ringan Jalan Santai Keliling Lingkungan Sekolah

Beberapa hari terakhir, udara terasa sangat panas. Beruntung, di kelas-kelas sudah dipasang kipas angin, sehingga pelaksanaan/kegiatan belajar-mengajar bisa berjalan dengan lancar. Namun demikian, rasa haus semakin terasa kalau waktu melebihi pukul sepuluh.

Setiap hari Jumat di sekolah ada program Jumat sehat. Dalam program ini, kegiatan yang dilakukan bisa senam, jalan santai atau gabungan dari keduanya. Tentu saja pelaksanaan Jumat sehat pada pagi hari. Dengan demikian, udara masih segar dan belum begitu panas.

Meskipun ada variasi jalan santai dan senam, siswa dan guru cenderung/lebih suka mengisi Jumat sehat dengan jalan santai mengelilingi lingkungan sekolah. Meskipun jalan santai, namun kami juga bisa mengeluarkan keringat lo.

Ada alasan mengapa kami lebih memilih jalan santai. Sebab dengan jalan santai, kami mengenal lingkungan sekitar sekolah. Dengan jalan santai, apa yang kita lihat juga berubah-ubah/bermacam-macam, tidak monoton. Di samping itu, pada saat jalan sehat, kami tidak memerlukan instruktur. Jadi, sekolah tidak mengeluarkan biaya transport untuk instruktur. Lagian, kalau senam dibimbing instruktur, siswa jarang yang mengikuti gerakan senam. Mereka malah sebagai penonton, menonton guru-guru yang senam.

Setelah jalan santai, kami akan merasa haus dan minum air hangat adalah cara yang tepat untuk mendinginkan badan. Jalan santai adalah salah satu olahraga yang bersifat irit. Olahraga jalan santai juga bisa dilakukan siapa saja tanpa mengeluarkan tenaga yang ekstra.

Pengenalan lingkungan sekolah sangat penting bagi siswa baru. Dengan jalan santai ini, semoga keluarga besar sekolah kami lebih mengenal tetangga sekitar sekolah, menjadi sehat dan semakin sehat.


Semoga bermanfaat.