Sabtu, 23 September 2017

Pemeriksaan Kesehatan Pada Penjaringan Siswa Baru


Pemeriksaan Kesehatan Pada Penjaringan Siswa Baru

Istilah penjaringan siswa baru ini, bagi saya hal yang tidak asing lagi. Akan tetapi, ketika istilah penjaringan siswa baru ini disampaikan pada saat minilokakarya di UPT Puskesmas Tasikmadu, saya mulai bertanya apa hubungan antara UKS dan penjaringan siswa baru?

Setelah diberi tahu tentang UKS berkaitan dengan penjaringan siswa baru dan diberi tulisan tentang hal-hal yang berkaitan dengan UKS secara terperinci, saya baru paham. Tidak puas sampai di sini, saya mencari informasi tentang penjaringan siswa baru ini melalui internet. Hampir semua tulisan yang saya baca melalui internet memberikan penjelasan yang gamblang.

Sesuai dengan istilahnya, Penjaringan siswa baru ini sasarannya adalah siswa baru, yaitu kelas I SD, kelas VII SMP dan kelas X SLTA. Penjaringan siswa baru bertujuan untuk mengetahui kesehatan siswa sedini mungkin. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kesehatan fisik secara umum. Misalnya, tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, kesehatan telinga, kesehatan mulut, pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan Hb dalam darah. Selain itu, siswa juga diminta untuk membawa garam dapur yang dikonsumsi di rumah untuk diperiksa kadar yodiumnya.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan ini, tentu saja memerlukan biaya. Sebagian ada yang ditanggung pemerintah, dibayar oleh sekolah (melalui dana BOS) dan dibayar oleh siswa sendiri. Khusus yang dibayar oleh siswa ini untuk biaya memeriksaan darah.

Pemeriksaan kesehatan melalui penjaringan siswa baru ini sangat penting bagi siswa itu sendiri. Dengan pemeriksaan kesehatan, dapat diketahui sejak dini kondisi kesehatan siswa. Apabila pada siswa didapatkan hal-hal yang perlu segera ditindaklanjuti, maka tidak akan mengganggu siswa dalam proses pembelajaran. Misalnya, bila diketahui ada kelainan pada mata, maka anak segera ditangani dan masalah mata langsung bisa diatasi. Misalnya, anak terindikasi kekurangan gizi, hal ini juga bisa segera diatasi.

Secara umum pemeriksaan kesehatan yang dilakukan UKS pada penjaringan siswa baru ini untuk kepentingan siswa. Bila siswa sehat maka proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, mari dukung kegiatan UKS, mari dukung pemeriksaan kesehatan melalui penjaringan siswa baru!

Semoga bermanfaat.

Karanganyar, 23 September 2017