Minggu, 01 Oktober 2017

Menanam Kangkung Darat Lebih Hemat


 Ketika masih kecil, Ibu sering membuat sayur kangkung dicampur tempe. Tentu saja harus beli  kangkung  dahulu. Berbeda dengan sekarang. Kalau mau memasak kangkung, tinggal cari di belakang rumah. Kangkung air liar tinggal petik. Akan tetapi sering kalah dengan orang luar yang mencari rumput di belakang rumah saya.

Selain kangkung air, sebenarnya di belakang rumah bisa ditanami kangkung darat. Menulis tanaman sayuran kangkung darat, mengingatkan kegiatan bercocok tanam yang pernah saya lakoni. Ya, sebagai petani sayuran, saya harus mencoba menanam bermacam-macam sayuran. Tujuannya adalah untuk mengetahui dari beberapa sayuran yang saya tanam ini, yang manakah yang paling menguntungkan.

Untuk kangkung darat, biasanya cara memanennya adalah dengan dicabut. Akan tetapi, setelah saya coba memanen dengan cara di potong ternyata untuk selanjutnya tanaman malah lebih baik lagi hasilnya.

Untuk menanam kangkung darat, saya harus menyiapkan lahan. Lalu lahan tersebut saya tutup dengan plastic mulsa agar gulma tidak tumbuh dan mengganggu tanaman utama.

Kangkung juga merupakan sayuran berumur pendek. Olek sebab itu, kaangkung bisa ditanam di pot. Kalau digunakan sebagai usaha, menanam kangkung sangat menguntungkan. Cara menanamnya mudah, praktis dan tidak banyak memerlukan biaya perawatan. Olahan kangkung sangat bervariasi.

Kalau beberapa waktu yang lalu ada isu bahwa kangkung yang tidak terbebas dari lintah sangat berbahaya bagi tubuh kita, lebih baik kita menanam di dalam pot. Kita mudah mengontrol tanaman. Apabila kita mendapatkan hama, ulat atau sejenisnya, kita mudah mengatasinya. Yang penting, jangan sampai kita menyerah sebelum berusaha untuk membasmi hama.

Ayo, kita berhemat dengan menanam sayuran sendiri di rumah. Ayo, segera kita lakukan, menanam kangkung darat. Biji kangkung darat bisa kita beli di toko pertanian, selanjutnya kita bisa memanen setiap saat.

Langkah kecil menanam sayuran sendiri di rumah merupakan bentuk konkret memenuhi gizi keluarga.  Makanan bergizi, tidak selalu makanan yang mahal. Makanan bergizi adalah makanan yang kita butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Ayo, penuhi gizi dengan mengkonsumsi sayuran (kangkung). Semoga tulisan ini bermanfaat.

Karanganyar, 1 Oktober 2017