Selasa, 02 Januari 2018

STOP MERUNDUNG DAN MELAKUKAN KEKERASAN


Merundung berasal dari kata rundung. Menurut KBBI, merundung artinya 1) mengganggu, mengusik terus menerus, menyusahkan, contoh: anak itu merundung ayahnya, meminta dibelikan sepeda baru, 2) menimpa (tentang kecelakaan, bencana, kesusahan), contoh: ia tabah atas  kemalangan yang merundungnya.

Merundung dengan kata lain membully, harus dihentikan. Hal ini tidak baik bagi kejiwaan korban perundungan. Selain ajakan berhenti merundung, juga berhenti melakukan kekerasan, baik kekerasan fisik maupun verbal.

Bagi seorang muslim, ada adab bergaul dengan sesama yang harus diperhatikan. Bergaullah dengan sesama dengan lemah lembut. Ucapkan kalimat yang baik-baik saja. Jangan mengucapkan sesuatu yang bisa menyakitkan hati lawan bicara. Demikian juga, hindari melakukan kekerasan fisik. Kalau ada masalah bisa diselesaikan dengan baik, mengapa harus dengan kekerasan?

Jangan bangga kalau sudah berhasil dan merasa sukses merundung. Jangan bangga kalau sudah berhasil melakukan kekerasan baik fisik maupun verbal. Ingatlah, apa yang kita perbuat, suatu saat kita akan menuai dari hasil perbuatan kita.

Jadi, stop merundung, stop melakukan kekerasan.


Karanganyar, 2 Januari 2017