Senin, 29 Januari 2018

Tiga Langkah Diet Yang Aman Bagi Kesehatan

Noer Chasanah
dok. mbak anna
noerimakaltsum.com. Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang. Setiap orang ingin memiliki berat badan yang ideal, apalagi bagi seorang perempuan. Berat badan ideal, bagi perempuan identik dengan tubuh yang langsing.

Memiliki berat badan tidak ideal (bukan kurus), dapat dikategorikan kondisi gemuk, kegemukan dan obesitas. Sebenarnya berat badan yang tidak ideal (bukan kurus) tidak datang secara mendadak atau tiba-tiba. Disadari atau tidak, orang yang mengalami tahu bahwa kondisi gemuk disebabkan karena makannya banyak. Kalau makannya tidak banyak maka ngemilnya yang banyak.

Setelah merasa gemuk baru ingin melangsingkan atau menurunkan berat badan dengan menerapkan diet. Sebagian mereka yang merasa gemuk ingin berat badannya turun secara drastic dalam waktu yang singkat alias serba instan.  Ada 3 langkah yang bisa ditempuh untuk program diet dan aman bagi kesehatan, yaitu:

1.    Puasa sunah (Puasa Senin-Kamis dan Puasa Daud)
Diniatkan berpuasa untuk beribadah, bukan semata-mata untuk diet. Puasa Senin - Kamis dapat mengurangi berat badan asal ketika berbuka puasa tidak balas dendam dengan makan dalam porsi banyak. Selain puasa Senin Kamis, bisa juga berpuasa Daud. Puasa Daud dilakukan sehari berpuasa, sehari tidak. Bisa juga dikombinasikan puasa senin Kamis dan puasa Daud.

Misalnya hari Senin puasa sunah (puasa Daud), hari selasa tidak puasa, hari rabu puasa Daud, hari Kamis puasa sunah, hari Jumat  puasa Daud, hari Sabtu tidak puasa dan seterusnya. Kalau puasa ini dilakukan dengan niat karena Allah, niscaya pahala didapat dan berat badan akan turun. Kalau tidak tahan lapar, sebaiknya jangan memaksakan diri, semampunya saja.
2.    Diet rendah karbo dan gula
Diet rendah karbo dan gula adalah diet dengan mengurangi jumlah karbohidrat dan gula. Diet ini dilakukan jangan terlalu ketat dan mendadak. Untuk pengganti karbo bisa mengkonsumsi protein hewani. Kalau bisa diet dilakukan secara bertahap.

3.    Mengkonsumsi VCO
VCO adalah minyak kelapa murni. Minum VCO secara teratur bisa menurunkan berat badan. VCO bersifat mengenyangkan, sehingga tidak makan nasi (karbohidrat) atau mengurangi karbohidrat tidak akan lapar alias tahan lapar. Dengan demikian, bila kita memerlukan energi, energi bisa didapatkan dari pembakaran lemak. Cara ini aman dan nyaman bagi penderita maag.

Demikian diet yang aman dan tidak ada efek samping. Diet bisa kita lakukan tapi harus diimbangi olahraga secara teratur. Olahraga yang dijalani jangan yang terlalu berat, agar tubuh tidak lemas. Oh ya, yang sudah berhasil melakukan diet dengan puasa Senin-Kamis dan puasa Daud adalah mbak Noer Chasanah. Terima kasih sharingnya ya mbak Anna.

Semoga tulisan ini bermanfaat.


Karanganyar, 29 Januari 2018