Sabtu, 03 Februari 2018

LIMA KUDAPAN TRADISIONAL DARI SINGKONG

Singkong goreng
dok.pri

noerimakaltsum.com. Musim hujan seperti sekarang ini, rasanya perut mudah lapar. Bila pada pagi hari belum sempat sarapan nasi atau sore hari sudah tidak mau mengkonsumsi nasi, biasanya ingin mengemil. Mengemil kudapan tradisional sambil menyeruput minuman hangat, memang sangat mantap.

Sebagai orang yang tinggal di daerah pedesaan dan akrab dengan suasana desa, begitu melihat singkong dipanen terus ingin mengolah begitu saja. Singkong termasuk umbi-umbian yang sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Singkong juga disebut ketela pohon.

Kudapan tradisional dari singkong sangat banyak macam dan variasinya. Bila kita bisa mengolah singkong menjadi berbagai macam kudapan, tentu saja status singkong menjadi lebih bergengsi.

Lima kudapan tradisional dari singkong di antara banyak macam olahan adalah getuk, tiwul, singkong rebus, singkong goreng, dan kolak singkong.

1.    Singkong rebus
Singkong rebus/kukus adalah olahan yang paling sederhana dan mudah dibuat oleh siapa saja. Cara mengolah singkong adalah kulit singkong dikupas. Singkong dicuci sampai bersih lalu dipotong-potong sesuai selera. Rebus atau kukus singkong hingga empuk. Angkat singkong yang sudah empuk. Dalam keadaan panas, singkong bisa ditaburi gula pasir atau garam.
Singkong rebus
dok.pri

2.    Singkong goreng
Untuk pengolahan singkong goreng, tahap-tahapnya sama dengan singkong rebus. Setelah matang, singkong dimasukkan ke dalam larutan garam dan bawang putih lalu digoreng hingga kecokelatan. Setelah matang, singkong siap untuk dikonsumsi. Rasanya gurih, enak dan mantap.
Singkong goreng semacam ini bila irisannya tipis-tipis lebih popular dengan sebutan tela-tela. Biasanya, tela-tela diberi perasa sintetis, seperti balado, keju, pedas dan lain-lain.

3.    Getuk
Untuk pembuatan getuk, singkong rebus/kukus yang sudah matang dicampur kelapa parut dan gula (gula pasir/gula jawa) lalu ditumbuk sampai halus. Setelah tumbukan halus lalu dicetak, diiris sesuai selera, lalu siap untuk disantap.

4.    Tiwul
Tiwul berasal dari tepung gaplek. Gaplek adalah singkong yang sudah dikeringkan. Cara membuat tiwul adalah:
a.    tepung gaplek disiram sedikit air sampai merata (hanya untuk membasahi saja bukan untuk merendam).
b.    Panaskan air dalam tempat kukusan. Setelah air panas, tepung gaplek masukkan ke dalam tempat kukusan. Berilah gula jawa agar rasanya manis.
c.    Setelah matang, tiwul bisa disajikan dengan kelapa parut.
  
5.    Kolak singkong
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolak singkong adalah singkong bersih, air, santan, cengkeh, kayu manis, vanili, pandan, garam dan gula jawa.
Cara membuat kolak singkong adalah:
a.    Potong singkong dengan ukuran kecil sesuai selera.
b.    Masak air sampai mendidih, lalu masukkan singkong ke dalamnya.
c.    Tambahkan cengkeh, kayu manis, gula jawa, dan pandan lalu masak sampai singkong matang.
d.    Tambahklan santan sambil diaduk sampai matang.
e.    Tambahkan vanili dan panaskan sebentar lalu matikan apinya.
f.     Kolak siap dihidangkan.

*membuat kudapan kolak bisa ditambah dengan pisang kapok dan kolang-kaling.

Demikian, 5 kudapan dari singkong, olahan dari bahan yang sederhana tapi rasanya mantap. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.


Karanganyar, 3 Februari 2018