Selasa, 27 Maret 2018

MENCARI TEMA KHUSUS UNTUK BLOG

Telaga Madirda
dok.pri


Setelah membuat dan menayangkan tulisan tentang pola jiplak Mbak Wilis, semangat saya untuk menulis kembali terbakar. Selama ini saya menulis bermacam-macam tema. Saya belum bisa menemukan passion saya sebenarnya ke arah mana. Bismillah, niat saya menulis kan untuk berbagi, maka tidak masalah saya mau berbagi tulisan dengan tema apa. Saya tidak menuliskan tema tertentu pada blog saya. Blog saya adalah blog gado-gado, keseharian sekali.

Kalau saya sedang blog walking, kadang saya iri pada sahabat blogger yang bisa menulis dengan tema tertentu. Misalnya, blog ini khusus untuk kuliner, wisata, parenting, pendidikan, kesehatan, keuangan/ekonomi dan lain-lain. Saya belum bisa seperti itu, menulis bagi saya adalah mengungkapkan perasaan.

Akan tetapi, saya bisa juga dipaksa untuk menuliskan tema tertentu. Tentu saja bahasa yang saya gunakan adalah bahasa saya, bahasa tutur, bahasa sehari-hari dan cenderung tidak ilmiah. Untuk keperluan lomba, saya juga memaksakan diri untuk menulis tema yang sudah ditentukan. Ternyata, semua bisa saya lakukan dengan hati yang lapang.

Ketika saya membuka blog milik mbak Wilis, blog tersebut berisi tentang menjahit dan mbak Wilis konsisten menulis tema jahit-menjahit alias dondom-mendondom (bahasanya campur aduk). Selain blog mbak Wilis tentang dunia menjahit, ternyata bisnis mbak Wilis juga masih seputar menjahit (membuat dan mendistribusikan pola jiplak).  Mbak Wilis memiliki latar belakang pendidikan yang pas dengan dunianya sekarang. Kuliah di Jurusan Tata Busana, membuat mbak Wilis bisa fokus untuk usahanya di bidang “tata busana”.

Saya menyadari, setiap kegiatan yang kita lakukan selalu ada konsekuensinya. Demikian juga dengan kegiatan menulis. Kalau tulisan saya baik dan berkualitas, maka konsekuensinya adalah tulisan saya dilirik orang dan saya dapat uang. Agar tulisan kita semakin berkualitas, tentu kita harus banyak memperbaiki diri. Kita harus banyak membaca agar wawasan kita bertambah dan dunia tidak terlalu sempit untuk ditulis.

Sampai saat ini, saya belum klik menemukan passion saya dalam menulis. Yang jelas, tulisan saya dibaca orang lain saja sudah suka sekali. Akan tetapi saya memang perlu mencari tema yang pas dengan perpaduan karakter dan pekerjaan saya.

Semoga bermanfaat