Sabtu, 03 Maret 2018

UPAYA HILANGKAN BENJOLAN DENGAN DAUN SIRSAK

Foto : dokumen pribadi


Seorang sahabat penulis menulis status WA, memerlukan daun sirsak. Begitu saya membaca status tersebut, saya jadi ingin membantunya. Siapa tahu saya bisa mencarikan dan mengantarkan untuk sahabat tadi.

Sebelum saya mencari daun sirsak di sebelah barat rumah saya, saya bertanya pada suami, bisakah suami mengantar saya ke rumah sahabat saya. Jawab suami, bisa.

Akhirnya saya menuju rumah tetangga. Sayangnya, pintu gerbang terkunci. Kata tetangga depan rumah, Pak Narno (pemilik pohon sirsak) sedang keluar. Saya mengatakan maksud saya untuk mengambil daun sirsak.

“Tidak apa-apa, bu. Bilang saja, Pak Narno minta daun sirsaknya.”
Ya. Ide bagus, biasanya saya juga begitu. Nembung pada pohonnya langsung, lalu minta izin lewat telepon/kalau pas bertemu. Biasanya untuk hal darurat, orang juga akan mengizinkan bila ada yang membutuhkan tanaman yang ada di sekitar rumah (pengalaman pribadi).

Ternyata memetik daun sirsak juga ada aturannya lo. Yang diambil adalah daun yang berada di sisi utara-barat. Saya menurut saja, semoga barokah dan bermanfaat.

Setelah kontak dengan sahabat saya, akhirnya saya bertemu dengannya di Kolam Renang Sawahan, Jaten, Karanganyar.

Sahabat saya kaget dengan kedatangan saya. Batang dan daun sirsak saya taruh di meja. Kebetulan teman saya sedang menunggu putrinya les renang. Kami hanya sedikit berbincang.

“Daun sirsak ini katanya bisa untuk mengobati benjolan yang ada di saluran pernafasan. Akan tetapi penggunaannya harus dalam pengawasan herbalis. Daun sirsak termasuk herbal keras. Lima lembar daun sirsak direbus dalam 3 gelas air, hingga air menjadi 1 gelas. Air daun sirsak diminum tanpa gula.”

Saya tersenyum dan mengangguk diberi penjelasan demikian. Pokoknya semoga bermanfaat. Kalau saya punya pohonnya yang tidak terlalu besar, bakalan saya bawa. Sayang, saya tidak punya. Yang penting saya sudah berusaha untuk membantu orang lain.

Semoga bermanfaat.

Karanganyar, 3 Maret 2018