Minggu, 27 Mei 2018

CARA EFEKTIF MENGUSIR NYAMUK

Sejak tinggal di rumah sendiri di tengah sawah, saya dan suami sudah siap menerima resiko. Resiko tinggal di tengah sawah terutama setelah hujan turun lalu beberapa hari tidak hujan. Nyamuk akan merajalela. Nyamuk seolah keluar dari sarangnya. Mereka berkoloni, menyebar ke mana-mana terutama masuk rumah. 

Sangat menjengkelkan ketika beraktivitas atau tidur terganggu oleh gigitan dan suara nyamuk. Hal itu terjadi tidak hanya malam hari saja, melainkan sepanjang waktu. Nah kami punya solusi untuk mengusir nyamuk. Solusi ini lebih baik kalau dilakukan secara kombinasi. 

Bila malam telah tiba maka hal yang harus dilakukan adalah:

1. Memasang kelambu di tempat tidur. 
Bila memasang kelambu harus diperhatikan, nyamuk benar-benar tidak ada yang masuk. Soalnya kalau sudah terperangkap dalam kelambu, berarti nyamuk tersebut malah kenyang menggigit badan kita. 

Dengan memasang kelambu, kita aman dari nyamuk. Tapi ini hanya berlaku di saat tidur saja. Kalau tidak akan tidur, rasanya malas untuk memasang kelambu. 
  
2. Menyalakan obat antinyamuk bakar
Sekarang tersedia obat antinyamuk dari berbagai merek dan ukuran. Saya mewajibkan menyalakan obat antinyamuk bakar sebab nyamuk di rumah saya memang ganas. Kalau tidak memakai obat nyamuk bakar, nyamuknya tetap nekat bermain-main di dalam rumah saya tanpa permisi. Efeknya adalah polusi udara. Tapi langkah ini lumayan untuk mengurangi populasi nyamuk yang akan menggigit badan kita.

3. Menyalakan obat antinyamuk elektrik (mat/cair)
Obat antinyamuk elektrik, tingkat polusinya/efeknya lebih sedikit. Baunya harum dan praktis.Kalau suami memiliki cara unik dan dijamin, nyamuk akan sempoyongan dan ini boleh dicoba. Seharusnya, obat antinyamuk mat digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam suatu alat lalu alat tersebut dihubungkan dengan listrik. 

Cara suami saya menggunakan antinyamuk mat adalah dengan cara membakarnya lalu asapnya disebarkan dengan cara  antinyamuk yang sudah dibakar dipegang lalu diedarkan ke ruangan. Dijamin, nyamuknya akan sempoyongan dan jatuh serta tidak akan terbang lagi. Lebih baik lagi setelah jatuh disapu lalu diinjak.

4. Menyemprotkan obat anti nyamuk spray
Obat antinyamuk spray penggunaannya tinggal disemprotkan saja. Untuk jenis spray, harganya sedikit mahal dan konsentrasinya terlalu tinggi.

5. Menggunakan raket nyamuk
Kalau kita belum tidur, menggunakan raket nyamuk juga efektif. Kalau sudah tidur, sebaiknya raket diletakkan tidak jauh dari kita supaya saat membutuhkan mudah mengambil dan menggunakannya.

Kelima cara itu bisa digunakan bersamaan/dikombinasi. Silakan yang sudah mencoba dan berpengalaman, mungkin bisa ditambahkan cara mengusir nyamuk yang paling efektif.