Jumat, 29 Juni 2018

VARIAN ISI MOLEN ALA TAWANGMANGU




Ketika mendengar kata molen makanan, saya membayangkan pisang molen. Salah satu bahan baku pisang molen adalah pisang. Makanan ini merupakan makanan kecil/camilan. Ukuran pisang molen sangat bervariasi, tergantung selera masing-masing pembuatnya. Ada ukuran kecil, sedang dan besar.

Suatu hari, saya diajak suami jalan-jalan ke Tawangmangu. Di sekitar Pasar Tawangmangu/terminal, banyak penjual makanan gorengan. Salah satu makanan tersebut adalah molen. Molen yang dijual di pinggir-pinggir jalan ukurannya kecil dan tipis.

Ada beberapa varian isi molen, di antaranya adalah kacang hijau, ketan hitam, ubi ungu, pisang, dan nanas. Molen mini ini dilengkapi dengan gula halus yang ditaburkan. Molen mini bisa dinikmati sambil minum teh atau kopi hangat.

Oleh karena ukurannya yang kecil, menyantap molen mini pinginnya nambah lagi dan lagi. Bila tidak bisa menikmati molen dari Tawangmangu, kita bisa membuat sendiri camilan ini. Bahan-bahannya tidak sulit didapat, terutama pisang. Cara membuat molen juga gampang.

Molen adalah camilan murah dan tidak bikin kantong lekas kempis. Bila anggota keluarga banyak atau sedang kedatangan kerabat, molen bisa menemani suasana santai kita.

Yuk, bikin camilan sederhana dan sehat!