Senin, 09 Juli 2018

STOP IKUT ARISAN

Sudah lama saya tidak mengikuti arisan, baik arisan  PKK maupun arisan sekolah. Alasan saya sederhana, saya tidak mau terbebani iuran tiap bulannya. Lebih baik saya menabung. Menabung dengan cara menyimpan uang sendiri, bisa diambil saat membutuhkan uang. 

Beberapa waktu yang lalu, saya melihat tayangan pengajian yang disampaikan oleh seorang ustaz. Dalam tayangan tersebut dikatakan bahwa arisan membuka pintu utang. Bagi yang mendapatkan giliran pertama menerima uang yang terkumpul, maka orang tersebut dianggap utang (tanpa bunga). Bagi yang mendapatkan giliran terakhir menerima uang yang terkumpul, orang tersebut selalu berharap tiap bulan.

Mungkin saya berbeda dengan orang lain. Orang akan menilai bahwa saya adalah orang yang terlalu ribet soal keuangan. Memang saya ingin menikmati kehidupan saya. Saya ingin menikmati apa yang saya miliki tanpa beban. Saya bukan orang yang berlebihan harta, maka saya harus membelanjakan harta saya secara tepat.

Sudah lama saya tidak mengikuti arisan. Kalau Anda bisa mengikuti arisan dengan baik dan tidak pernah ada masalah, silakan bila diteruskan. Kalau Anda ingin stop ikut arisan, itu lebih baik.

Anda boleh berbeda pendapat dengan saya, tapi jangan mencibir!