Minggu, 30 September 2018

Diet Aman, Pilih Diet Ketogenik atau Diet Rendah Lemak?

Bagi orang yang merasa memiliki berat badan berlebih, baik kegemukan maupun obesitas, mereka akan menempuh cara diet untuk menurunkan berat badan. Ada 2 jenis diet yang sering dibanding-bandingkan, yakni diet ketogenik dan diet rendah lemak. Sebenarnya, diet manakah yang paling ampuh sekaligus aman menurunkan berat badan?

Diet Rendah Karbo dan Gula
Diet rendah karbo dan gula adalah diet dengan mengurangi jumlah karbohidrat dan gula. Pada diet ini menekankan pola asupan makanan tinggi lemak, rendah karbohidrat. Sebaiknya, diet karbo dilakukan secara bertahap, tidak terlalu ketat, dan mendadak. Untuk pengganti karbo bisa mengkonsumsi alpukat, santan, krim, dan protein hewani, seperti keju dan daging. Cara kerja pada diet rendah karbo dan gula adalah tubuh kekurangan karbohidrat dan gula dan mulai membakar lemak sebagai sumber tenaga.

Diet Rendah Lemak
Diet rendah lemak menekankan pola makan porsi kecil rendah lemak dengan mengurangi sumber makanan mengandung kolesterol. Caranya dengan membatasi karbohidrat, makan makan tinggi serat, protein, dan lemak nabati. Jenis makanan yang dikonsumsi adalah biji-bijian, sayur, buah, dan karbohidrat rendah kalori, seperti berat merah, kentang, ketela dan jagung. Cara kerja pada diet rendah lemak adalah membakar simpanan lemak dalam tubuh menjadi energi karena jumlah makanan yang masuk berkurang.