Kamis, 18 Oktober 2018

KROKOT SOLUSI TEPAT UNTUK PENDERITA WASIR


Usia kandungan sekitar 8 bulan ketika wasir menyerang saya. Rasanya sakit luar biasa. Nyeri, perih dan terasa bengkak. Posisi duduk, berbaring, berjalan, dan tidur, tetap saja dubur rasanya sakit.

Oleh karena sedang hamil, maka saya langsung berkonsultasi dengan dokter. Sebenarnya beberapa orang telah memberi saran agar saya mengonsumsi herbal. Akan tetapi karena kondisi saya yang sedang hamil, maka penggunaan obat-obatan harus di bawah pengawasan dokter. Orang hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi herbal maupun obat kimia.

Alhamdulillah, saat melahirkan anak pertama, kondisi kesehatan saya baik dan sehat. Walaupun untuk mengejan, wasir tidak kumat.

Beberapa tahun kemudian, wasir kambuh lagi. Hal ini dikarenakan saya tidak teratur buang air besar. Kembali, dubur bengkak dan terasa perih. Saya minum kapsul herbal dan mengoleskan campuran minyak dan tomat pada dubur. Keadaan tidak segera membaik. Rasanya reaksi obat terlalu lama. Berhari-hari merasakan nyeri, rasanya sangat tersiksa. Pada akhirnya sembuh juga tapi saya harus banyak mengonsumsi buah dan sayur berkuah.

Waktu hamil si kecil, usia kandungan 8 bulan, wasir kembali kambuh. Sakitnya yang ini lebih parah. Di samping saya harus mengurus anak saya yang besar, suami kebetulan diberi tugas ke Semerang beberapa hari. Benar-benar perjuangan yang berat. Kali ini saya hanya disarankan untuk membeli salep pada bagian yang sakit. Beberapa hari kemudian bengkak dan nyerinya hilang.

Setelah saya membaca literatur, sebenarnya wasir itu memang ada pada setiap orang. Hanya saja kalau tidak ada pemicunya, masalah tidak akan datang. Salah satu pemicu munculnya masalah pada wasir adalah kehamilan. Logikanya, orang yang hamil kadang-kadang mengalami sembelit. Sembelit inilah yang menyebabkan wasir muncul dan sakit.

Suatu saat, oleh karena sembelit, wasir kembali kumat. Suami merebus tanaman krokot dari akar, batang, dan daunnya. Setelah airnya berkurang tinggal separuhnya, api dimatikan. Ketika suhunya hangat, saya menghabiskan air rebusan krokot. Ternyata, dibandingkan dengan obat yang pernah saya konsumsi dan saya gunakan, air rebusan krokot lebih manjur. Pertama memberikan reaksi mengurangi bengkak dan rasa sakit alias nyeri. Dua kali minum air rebusan krokot, Alhamdulillah keadaan saya sudah membaik dan bisa beraktivitas.

Meskipun penggunaan herbal efek sampingnya tidak terlalu besar, tapi saya tetap memilih tidak berlebihan menggunakan herbal. Bagi saya, kalau sudah terlanjur sakit, pilihannya adalah segera mengobati. Agar tidak kambuh lagi, saya harus menjaga pola makan yang sehat. Yang paling utama adalah banyak mengonsumsi buah dan sayur.

Krokot adalah tanaman yang mudah didapat di sawah. Biasanya krokot direbus untuk dijadikan gudang atau pecel. Air rebusan krokot bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada wasir.