Senin, 10 Desember 2018

Bersyukurlah, Maka Allah Akan Menambah Nikmat

Bersyukurlah, Maka Allah Akan Menambah Nikmat

Kadang-kadang kita meremehkan sesuatu yang kecil dan dianggap tidak memiliki manfaat. Bisa jadi kita tidak membutuhkan barang-barang kecil dan tidak memiliki nilai jual, tapi di sana ada orang yang membutuhkan apa yang kita remehkan. Berhentilah meremehkan hal-hal yang kecil. Mungkin kita banyak mengeluhkan keadaan sekarang. Berhentilah mengeluh dan perbanyaklah bersyukur. Bersyukur tidak memerlukan syarat. 

Apabila kita mudah bersyukur, maka hal sekecil apa pun bisa kita syukuri. Banyak bersyukur membuat kita tidak mudah mengeluh. Target-target yang kita pasang terlalu tinggi, maka turunkanlah agar mudah untuk diraih. Apabila target belum bisa diraih, maka tetaplah bersabar dan tetap bersyukur.

Sebenarnya, banyak hal yang bisa kita syukuri. Pertama adalah badan yang sehat dan keluarga yang bahagia. Keduanya adalah aset yang wajib kita syukuri. Jangan meremehkan kesehatan kita, sebab sehat itu mahal harganya. Demikian pula dengan keluarga yang bahagia, karena tidak semua keluarga memiliki kebahagiaan meski bergelimang harta. 

Yang kedua adalah rezeki yang kita terima hari ini. Sedikit atau banyak rezeki yang kita terima, tidak sepenuhnya mempengaruhi kualitas hubungan di dalam keluarga. Berapa pun jumlahnya, rezeki yang kita terima harus disyukuri. Sedikit atau banyak, yang penting keberkahannya. Dari rezeki yang kita terima ini, seberapa banyak bisa memberikan manfaat bagi orang lain? Apalah artinya harta benda berlimpah bila hanya disimpan di rumah. Apalah artinya kita bisa makan kenyang, sementara tetangga kita ada yang mengencangkan ikat pinggang karena lapar. Untuk itulah berbagilah dengan apa yang kita miliki. Jangan takut miskin setelah kita membagikan harta benda. Jangan takut kelaparan bila kita telah berbagi makanan. Insya Allah, Allah telah menjamin hidup kita. 

Bila kita bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat kepada kita. Apabila kita kufur maka apa yang kita miliki tidak ada gunanya dan Allah akan mencabut keberkahannya, mengurangi nikmat-nikmat yang diberikannya.