Senin, 04 Februari 2019

KEB Intimate Bersama Komunitas Perempuan Solo Berbagi Inspirasi

Foto: Rani Afandi

Pada bulan Januari, Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) berulang tahun. Tahun 2019 ini KEB berusia 7 tahun. Bagi suatu komunitas, usia 7 tahun adalah usia yang cukup matang. Di Solo, peringatan 7 tahun KEB ini diperingati pada hari Minggu, 27 Januari 2019 dalam KEB Intimate dan mengambil tema Self Development. Dalam acara KEB Intimate ini dihadiri oleh anggota KEB dan tamu undangan dari 9 komunitas perempuan yang ada di Solo. 

Bagi saya, bisa menghadiri acara ini merupakan hal yang istimewa. Selama saya bergabung di KEB, baru kali ini bisa mengikuti acara yang diadakan KEB Chapter Solo. Sebelumnya saya belum bisa mengikuti arisan ilmu yang diselenggarakan KEB karena suatu hal. Senang rasanya, ada waktu dan kesempatan, sehingga terwujud sudah keinginan saya untuk menghadiri acara KEB.

Saya memasuki kawasan Hotel Best Western Primier Solo Baru yang sejuk karena bekas air hujan masih membasahi di sekitarnya. Sapaan  Pak Satpam dan karyawan menunjukkan keramahan Best Western Primier dalam menyambut tamu-tamu. Saya menuju bagian resepsionis untuk menanyakan posisi ruang pertemuan acara blogger. Di lobi, saya bertemu dengan karyawan kosmetik Wardah yang akan mengisi sesi beauty class. Saya merasa beruntung  ada teman seperjalanan menuju lantai 21 dengan menaiki lift (maklum, saya tidak memiliki keberanian berada di lift tanpa teman yang saya kenal, takut diculik). 


Dok.pri

Di lantai 21, teman-teman panitia sudah siap menyambut tamu undangan. Setelah mengisi daftar hadir, saya harus diambil gambarnya dulu, lalu dipost di instagram.  Foto yang sudah ditayangkan di instagram, saya tunjukkan sebagai syarat pengambilan goodie bag. Bagi saya, kehadiran  saya pada acara ini memang membawa keberkahan. Dua buah tas dari sponsor Kosmetik Wardah dan tisu Trust me panitia angsurkan pada saya. Alhamdulillah, kalau sudah rezeki tak akan lari ke mana, tapi kalau saya tak ke mana-mana alias tidak menghadiri acara ini, mestinya juga tak mendapatkan rezeki. 

Beberapa teman blogger langsung menawari saya untuk mengambil sarapan yang telah disediakan. Sarapan berupa snack berat dan ringan serta minuman tersebut bisa diambil secara bebas karena jenis dan jumlahnya cukup banyak. Pilihan minumannya ada jeruk, kopi, dan teh. Snack yang tersedia, di antaranya adalah pangsit, tahu isi, burger, kaki naga, kue, pastel, puding, kacang atom, dan lain-lain. Saya tidak bisa menyebutkan satu per satu. Oya, ada buah-buahan juga. Pokoknya sangat lengkap dan bikin ketagihan. Berhubung saya telah menerapkan pola makan ambil secukupnya, tidak boleh berlebihan, dan makanan harus dihabiskan, maka saya tidak aji mumpung. Tidak mumpung semua gratis lalu saya ambil semua.  


Dok.pri

Tamu undangan mulai memenuhi ruangan. Meskipun kursi yang tersedia hampir penuh, tapi dalam ruangan ini tidak terasa gerah karena full AC, adem dan nyaman. Dekorasi dan pilihan warna pastel di dalam ruangan menambah suasana menjadi teduh. Kebetulan pakaian yang kami kenakan bertemakan warna pastel, semakin tambah teduh, bukan. 


Dok.pri
Dalam acara KEB Intimate ini, saya jadi mengenal teman baru. Selain mengenal teman baru, saya juga bertemu teman dunia maya. Memang sebagai orang yang aktif menggunakan sosial media, saya berteman dengan banyak penulis dan blogger di dunia maya. Ternyata, pertemanan di dunia maya itu berlanjut dengan pertemuan di dunia nyata. Itu berkat acara KEB Intimate yang keren habis. 


Dok.pri
Acara bertambah seru dengan dua orang MC yang super heboh dan bikin hidup suasana. Mereka berdua adalah Mak Ana Ike dan Mak Sara Neyrhiza. Keduanya membawakan acara dengan mengajak tamu undangan berkomunikasi secara interaktif. 

Ada 9 komunitas perempuan Solo yang diundang dalam acara KEB Intimate ini, yaitu Ibu-ibu Doyan Nulis Solo Raya, Institut Ibu Profesional, Kompaker Solo, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, Expert Women, Cheerful Mother Club, Rajuters Solo, Solo Mendekor, dan Kreasi Karya Kita. Dari perkenalan perwakilan tiap komunitas yang hadir ini, ilmu saya jadi bertambah. Saya mengambil kesimpulan bahwa ternyata perempuan juga menjadi sumber inspirasi. Perempuan bisa menjadi sumber belajar dan menggali ide. Menurut saya, ini sangat luar biasa karena perempuan-perempuan yang hadir di sini, selain bekerja, masih bisa melakukan aktivitas dengan bergabung di komunitas.

Pada banyak acara, saya sering mengambil gambar dengan tujuan untuk disimpan sebagai dokumen. Namun, kali ini saya hanya mengambil gambar seperlunya. Mak Rani Afandi diberi tugas sebagai fotografer. Jadi, ada beberapa gambar milik Mak Rani bisa dipakai untuk menunjang tulisan ini. Matur nuwun, ya Mak Rani.

Acara inti dalam KEB Intimate ini mengundang pembicara Mak Indah Adeera. Mak Indah menyampaikan bahwa perempuan itu harus pandai, mandiri secara finansial, bisa  peran, menempatkan diri sesuai perannya, tanggung, ulet, tanggung jawab, tapi tetap bisa membahagiakan diri sendiri. Banyak hal yang disampaikan Mbak Indah merupakan pengalaman pribadi. Pengalaman pribadi yang inspiratif ini adalah sumber ilmu. Saya bisa belajar dari pengalaman Mbak Indah. Banyak kesesuaian antara hal yang disampaikan Mak Indah dengan pengalaman sehari-hari. Itu artinya saya memiliki pemahaman yang sama dengan Mak Indah.


Mak Indah Adeera
Dok.pri

Bagi perempuan, terutama sebagai muslimah, penting untuk mengetahui peranan perempuan dalam keluarga maupun masyarakat. Perempuan sebagai Istri, menempati urutan pertama. urutan kedua dan seterusnya adalah perempuan sebagai Ibu, anak, diri sendiri, dan makhluk sosial. Perempuan yang berhasil menjadi istri yang baik dan bahagia, akan menjadikan rumah tangganya bahagia. Anak-anak, keluarga dan lingkungan sosial juga bahagia karenanya. 

Kebahagiaan akan datang bila seseorang merasakan bahagia. Sesuatu menjadi positif bila seseorang berpikir secara positif dan tidak menyalahkan keadaan. Mengubah pandangan terhadap sesuatu sangat penting untuk mewujudkan kebahagiaan.

Meskipun acara ini khusus untuk perempuan, tapi ada seorang yang menyampaikan sesuatu  tentang Hotel Best Western Primier Solo Baru. Beliau adalah Mas Denis. Mas Denis menyampaikan tentang hotel yang digunakan untuk acara ini. Selain itu, Mas Denis juga membagikan 5 buah voucer sarapan pagi dan renang untuk 5 orang yang beruntung. Wah, lumayan juga ya hadiahnya.

Oya, ada sedikit informasi  tentang Hotel Best Western Primier Solo BaruHotel Best Western Primier Solo Baru terletak di Jalan Ir. Soekarno, Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Telepon (0271) 623123.  Hotel ini dekat di jantung kota Grogol, Hartono Mall, ATW Surakarta, Pasar Klewer, Perpustakaan Museum Radya Pustaka, Pasar Gede, dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

Di hotel ini pelayanannya sangat prima dan fasilitas cukup memadai, yakni tersedia banyak kamar, bar/lounge, spa layanan lengkap, kolam renang out door, sarapan tersedia, klub kesehatan, pusat konferensi, antar jemput ke bandara, ruangan ber-AC, layanan kebersihan harian, brankas di resepsionis, Wi-Fi dan tempat parkir gratis, mushola yang representatif dan nyaman.

Dari lantai 21, saya melihat pemandangan sekitar yang cukup indah. Saya dan teman-teman sempat melakukan pemotretan. Bagi saya dan teman-teman, mengambil gambar itu penting, mengingat kami sebagai blogger dan menggunakan akun instagram, harus sering update tulisan.

Setelah istirahat, sholat, dan makan Snack berat, acara dilanjutkan dengan Beauty Class. Meskipun saya belum pernah ikut Arisan Ilmu yang diselenggarakan KEB Solo, tapi saya tahu bahwa Wardah Cosmetics pernah mengisi Beauty Class. Oya, goodie bag yang saya dapatkan berisi sampel bedak, sampo, dan Perfect Bright tone up cream. 
Dok.pri
Waktunya memanfaatkan kesempatan berdandan. Kali ini Wardah Cosmetics memberikan tips untuk tetap cantik tetapi tidak menor. Saya senang mendapatkan tips ini karena saya termasuk perempuan yang tidak suka dandan terlalu menor. Saya biasa menggunakan kosmetik secara tipis-tipis. Selama Beauty Class berlangsung, Wardah Cosmetics bagi-bagi hadiah bagi peserta yang beruntung.
  Acara lain yang tak kalah penting adalah pemotongan puding ulang tahun. Lo, kok bukan tumpeng nasi kuning atau kue tart, gitu? Ya, biar beda dengan yang lain. Pemotongan puding ini dilakukan Mak Indah Julianti dan Mak Sumarti Saelan dan diserahkan kepada Ketua KEB Chapter Solo, Mak Ety Abdoel. 


Dok.pri

Syukur alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar. Saya tambah bersyukur karena selain mendapatkan goodie bag, juga mendapatkan doorprize berupa tas cantik dari Marawa Handmade. Ternyata benar lo, silaturahmi mendatangkan rezeki. Rezeki yang saya dapatkan dari silaturahmi ini adalah mendapatkan sahabat baru, mendapatkan materi, mendapatkan ilmu dan semuanya berkah.


Dok.pri
Bahagia itu sederhana, bertemu, berkumpul dan berbagi cerita, pengalaman dan inspirasi bersama-sama perempuan yang bergabung dalam komunitas. Semoga pada waktu mendatang, saya bisa kembali hadir di acara Arisan Ilmu yang diselenggarakan KEB.






·        

2 komentar:

  1. Mbak..aku juga suka ngeri naik lift sendiri, berasa ada siapa gitu di kanan dan kiri hihihi
    Ini acara keren banget ya, aku pikir cuma dari KEB aja ternyata ada perwakilan komunitas lain.
    Memang sesuai motto KEBSinergi ya..
    Alhamdulillah berkah, dapat ilmu, teman baru dan hadiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, bukan takut naik liftnya, tapi takut sama orang tak dikenal. Alhamdulillah, acaranya seru banget lo mbak @dian.

      Hapus