Rabu, 13 Februari 2019

PEREMPUAN HARUS MENCATAT KEUANGAN MESKI SEDERHANA

Sejak remaja, saya sering melakukan pencatatan keuangan secara sederhana. Meskipun hanya dengan buku kas tabelaris, rasanya kok ya terbantu. Padahal kalau dipikir-pikir uang pemasukan hanya dari uang saku. Pengeluarannya adalah uang dipakai untuk jajan. Namanya juga sok gitu, biar ada kerjaan corat-coret.

Ketika mulai bekerja, pencatatan keuangan sederhana itu benar-benar sangat menguntungkan saya. Walaupun uang yang saya pegang tidak terlalu banyak, tapi benar-benar sangat bermanfaat. Kehilangan sepuluh rupiah saja tetap ketahuan. Oleh karena uang  didapatkan dari gaji dan jasa memberi les anak-anak sekolah, sepertinya jumlahnya semakin banyak, sebab makan sehari-hari masih ikut orang tua. Hehehe, ketahuan kan kenapa uangnya tetap banyak. Untuk pengeluaran paling-paling hanya untuk transport, sarapan, beli bedak, lipstik, kebutuhan perempuan, dan lain-lain. Namun, tetap saja semua saya catat pada buku kecil.

Setelah menikah, memiliki anak, memiliki penghasilan, menerima nafkah dari suami, ada tambahan dari berkebun, pencatatan keuangan secara kasar tetap saya lakukan. Mengapa demikian? Semakin hari kebutuhan kami semakin banyak, pengeluaran semakin besar, perlu pencatatan keuangan, agar tidak ada salah paham di antara saya dan suami. Benar sih, semua gaji suami sudah diberikan pada saya secara ikhlas, tapi saya harus bisa menggunakannya dengan penuh tanggung jawab. Bila ada catatan keuangan, tinggal dibuka saja sudah beres. Saya dan suami sangat terbuka dalam hal keuangan.Saya masih menggunakan catatan manual yang lebih praktis.

Nah, beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti acara KEB Intimate yang diselenggarakan KEB Chapter Solo. Salah satu sponsor dari acara tersebut adalah Akun.biz. Saya menyimak dengan seksama. Ternyata Akun.biz adalah aplikasi keuangan yang berfungsi sebagai buku kas untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, dan utang piutang.

Saya tertarik dan ingin menggunakan Akun.biz agar keuangan saya tercatat dengan rapi. Namun demikian, saya harus mengenal Akun.biz terlebih dahulu.

Apakah Akun.biz itu?
Akun.biz adalah aplikasi keuangan yang berfungsi sebagai buku kas untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, dan utang piutang. Dari hasil pencatatan tersebut, aplikasi ini akan menyajikan laporan yang berisi total pemasukan, pengeluaran, dan selisihnya.

Akun.biz memudahkan Anda dalam mengelola keuangan pribadi, keluarga, organisasi, teamwork, komunitas dan wirausaha kecil. Akun.biz berguna untuk menekan pengeluaran pribadi, mengetahui pendapatan organisasi, dan memberi gambaran dasar berapa keuntungan wirausaha Anda.

Bagaimana caranya?
Akun.biz bisa diakses melalui tiga cara, yaitu:
1. Buka www.akun.biz/apps lewat internet browser, atau
2. Cari dan download Akun.biz versi Android di Google PlayStore, atau
3. Cari dan download Akun.biz versi IOS di Apple AppStore.

Sesudah itu, Anda tinggal register/sign up lalu langsung bisa melakukan pencatatan. Sekali register, data keuangan Anda bisa diakses pada semua alat di atas. Anda hanya perlu login/sign in sesuai email dan password yang Anda gunakan.

Apakah Keunggulannya?
Akun.biz sangat mudah dan praktis
Cukup catat pemasukan dan pengeluaran dalam beberapa klik, lalu lihat laporannya, itu saja.

Akun.biz berbasis internet sehingga karyawan bisa diminta untuk mencatat di kantor lewat komputer, sementara Anda dapat memantau hasilnya lewat smartphone dari mana pun.

Akun.biz berbasis cloud, walau handphone atau komputer rusak, data keuangan tetap aman dan bisa diakses.

Laporan Akun.biz dilengkapi grafik sehingga mudah dianalisis. Laporan juga dapat diunduh dalam format PDF.

Akun.biz menyediakan beberapa peralatan tambahan, di antaranya Catatan Online atau Online Invoice. Akun.biz juga bersifat multiuser, data keuangan dapat dikelola  oleh Anda dan pegawai dengan hak akses yang bisa Anda atur sendiri.

Gratis Atau Berbayar?
Akun.biz memiliki dua tipe, yaitu Gratis dan Premium. Anda bisa menggunakan Akun.biz secara gratis atau Anda bisa menaikkannya menjadi premium jika menginginkan  fasilitas lebih banyak. Silakan buka aplikasi untuk mengetahui perbedaan antara tipe Gratis dan Premium. 

Wah, kalau begitu, agar catatannya rapi dan tidak hilang, saya perlu catatan online semacam ini. Ini cocok banget buat saya yang juga menekuni bisnis kecil-kecilan secara online dan offline.

Bagi Anda yang ingin catatan keuangannya rapi dan tidak lagi ada kata thekor, sebaiknya gunakan Akun.biz Buku Kas Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar