Sabtu, 13 Juli 2019

Liburan Seru Ala Anak-Anak Dengan Wisata Edukasi




Setelah terima rapor kenaikan kelas, seperti sebelumnya anak-anak libur selama 3 minggu. Bagi anak-anak libur adalah saat yang ditunggu-tunggu. Libur panjang ada sisi positif dan negatif bila waktu tidak dikelola dengan baik. Antara orang tua dan anak harus memiliki kesepakatan dalam mengisi libur panjang tersebut.

Pada dasarnya anak menurut orang tua. Tugas orang tua, Bapak dan Ibu memilihkan kegiatan yang sesuai dengan keinginan agar anak tidak merasa bosan. Beberapa alternatif jenis kegiatan ditawarkan pada anak. Namun, orang tua juga mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan dalam kegiatan tersebut.


Selama libur panjang sekolah ini, saya mengamati di sekitar rumah, membaca informasi dan berita baik di media sosial maupun media cetak, melihat langsung kegiatan di tempat Bimbingan Belajar. Beberapa kegiatan yang dilakukan anak-anak selama liburan (meskipun hanya dalam hitungan hari, bulan selama tiga minggu libur sekolah), antara lain adalah:

Mengikuti kelas berbayar (menggambar, memasak, menulis, pesantren, dan lain-lain)
Berwisata edukasi
Menginap di rumah saudara
Belajar berwirausaha
Membantu orang tua

Bagi anak-anak sekarang, gawai adalah barang yang sulit dilepaskan. Namun, dengan adanya kegiatan yang menyenangkan selama liburan, bisa jadi gawai tidak tersentuh sama sekali. Yang penting selama kegiatan mengisi liburan berlangsung, orang tua benar-benar memberikan dukungan penuh kepada anak-anak.



Bagi anak-anak, liburan terasa menyenangkan dan tidak membosankan bila mereka bisa menikmati masa liburan dengan suka cita. Anak-anak merasa kehilangan sesuatu bila kegiatan tersebut terlewat begitu saja.

Jadi, Bapak dan Ibu mulai sekarang bisa mencari informasi tentang kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk anak-anaknya selama libur panjang. Lebih baik bila Bapak dan Ibu bisa terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.  Semoga libur panjang di waktu yang akan datang lebih seru dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar