Rabu, 31 Juli 2019

Meresensi Buku Cara Membaca Sampai Tuntas



Bila Anda gemar membaca buku, maka ikatlah bacaan tersebut dengan cara menuliskan kembali. Caranya adalah dengan cara meringkas, memberikan penilaian kelebihan dan kekurangan serta memberikan pendapat dari referensi lain. Dengan cara meringkas, apa yang telah Anda baca akan selalu diingat. Tentu saja dalam menulis ringkasan harus diperhatikan bahwa yang ditulis adalah hal-hal yang penting.

Setelah menuliskan ringkasan, berikanlah penilaian terhadap buku tersebut berkaitan dengan kelebihan dan kekurangannya. Dengan menuliskan kelebihannya bisa mengajak pembaca resensi untuk membaca buku tersebut sampai tuntas. Menuliskan kekurangan buku berarti memberikan masukan, kritik dan saran yang berguna untuk memperbaiki sebagian isi ibu. Kritik dan saran dari pembaca sangat diperlukan penulis agar buku yang ditulis benar-benar bisa diperbaiki lebih baik.

Nah, kalau sudah meresennsi buku, sebaiknya tulisan tersebut dikirim ke media massa atau dibagikan kea kun media sosial yang Anda miliki. Dengan demikian, sebenarnya meresensi buku adalah bentuk promosi buku. Syukur Alhamdulillah bila ternyata resensi yang ditulis dimuat di media massa. Pada media massa tertentu, peresensi akan mendapatkan sejumlah uang sebagai honor.

Ternyata dari membaca buku, meringkas, meresensi, mengirimkan dan tulisan dimuat di media massa, bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, gunakan kemampuan membaca dan tajam menangkap informasi penting dalam buku untuk memperoleh penghasilan.

Sebagai penulis, Anda memiliki banyak pintu untuk mendapatkan rupiah. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari menulis cerpen, artikel, resensi, mengikuti lomba menulis, dan lain-lain.

Bila Anda tidak ingin resensi tersebut dikirim ke media, bisa saja tulisan tersebut disebarkan lewat media sosial dan tidak berbayar. Yang penting dengan meresensi buku berarti Anda telah menuntaskan membacanya. Terhadap buku yang menarik, Anda akan berulang-ulang membacanya.

Bagi penulis pemula, jangan takut untuk menulis resensi buku. Belajarlah meresensi buku dengan diawali membaca buku sampai tuntas.

4 komentar:

  1. Betul sekali Kata , Mbak sudah membaca buku , sebaiknya ditulis ringkasannya, agar memori otak kita bisa mengingatnya dengan baik. ingat blog ini saya kok jadi ingat buku., plus ingat toko buku juga ,hahaha...

    BalasHapus
  2. Inspiratif. Resensi buku ibarat menyimpulkan isi buku, memberikan rating, pujian, & saran. Menarik juga jika konsisten menghasilkan uang dari resensi buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, hobi membaca lalu ditulis kembali dan ternyata bisa menghasilkan uang. Senang juga mas Vicky

      Hapus