Kamis, 02 April 2020

30 Hari Menulis Tanpa Henti



Bukan karena bosan menulis dan tidak ada waktu menulis tetapi aku mempersiapkan tulisan lain yang akan kujadikan sebuah buku. Namun, untuk memberikan semangat pada seorang murid, aku ikut menulis menjawab tantangan 30 hari menulis tanpa henti.

Seorang murid yang sudah lulus beberapa tahun yang silam, kini sedang stay at home. Dia sedang menjalani kuliah jarak jauh karena keadaan sedang tidak memungkinkan untuk kuliah secara offline. Sebab itulah, agar waktunya tidak banyak luang, dia menyibukkan diri dengan belajar menulis.

Sebenarnya belajar menulis itu yang penting kemauan, niat, dan aksi. Selanjutnya, belajar menulis bukan sekadar keinginan sesaat lalu ingin segalanya cepat mendapatkan hasil. Tantangan 30 hari menulis ini bisa untuk menilai bahwa serius belajar atau tidak. Sebab, biasanya orang akan bersemangat di awal-awal dan merasa bosan di tengah jalan.

Oleh karena sedang belajar menulis, maka aku tidak memberikan tema pada tantangan ini. Biarlah muridku mencari tema sendiri, lalu menulis sebisanya. Aku akan memberikan koreksi sebatas penulisan tanda baca dan huruf kapital terlebih dahulu. Namanya juga belajar, jadi koreksiannya tidak perlu banyak-banyak. Tujuannya adalah agar dia tidak mundur secara teratur. Seiring berjalannya waktu, muridku akan tahu bagaimana menulis sesuai permintaan pasar. Menulis tidak lagi sembarang menulis. Bisa menulis karena terbiasa.

Agar disiplin menulis, aku memberikan batasan waktu untuk menulis di facebook setiap hari paling lambat pukul 22.00 WIB. Mengapa demikian? Alasannya adalah agar dia segera menyelesaikan tulisannya. Bagaimana bila ide menulisnya mentok? Ada buku, koran, berita dari media sosial sebagai bahan bacaan dan bahan untuk ditulis.

Apakah belajar menulis  ini berbayar? Tidak! Gratis saja. berbagi ilmu tidak ada ruginya. Namun, bila ada yang ingin mendapatkan materi belajar menulis yang lebih, bisa bisik-bisik ya. Kalau ada yang ingin lebih serius belajar menulis, aku juga menyediakan buku khusus untuk penulis pemula.

Yuk, menulis sekarang juga. 30 hari berturut-turut menulis akan ringan bila kamu serius dalam belajar menulis.

#30harinulisxnoerimakaltsum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar