Rabu, 01 April 2020

MERDEKA BELAJAR SELAMA LEARN FROM HOME


Selama belajar di rumah, anak-anak sekolah siap belajar secara online duduk manis mengikuti pelajaran sambil ngemil (kalau disediakan camilan). Sayangnya ketika orang tua mendampingi anak yang "katanya belajar jarak jauh" saat membuka classroom ternyata tidak ada materi pelajaran sama sekali. Orang tua hanya mendapatkan tugas berupa soal-soal yang harus dikerjakan putra-putrinya dan dikumpulkan secara online.


Bagi orang tua tugas untuk anak itu hanya sepele, kecil, seujung kuku kelingking, sekali kedip mata selesai dikerjakan. Tentu saja hal itu berbeda bagi anak-anak, apalagi selama 17 hari di rumah. Anak mulai bosan meskipun tetap terpaksa harus menyelesaikan tugas. Betul kata pak gubernur Jawa Tengah, "KLENGER." Klenger di sini bukan karena tugasnya banyak tapi anak-anak sudah bosan dan merasa jenuh.

Konon katanya sekarang anak-anak sekolah harus merdeka belajar. Merdeka belajar itu sebaiknya anak-anak bebas mempelajari apa yang dia suka. Yang suka bercocok tanam ya silakan disuruh tandur menandur menanam sayuran dalam pot atau wadah plastik bekas. Saat masuk sekolah, hasilnya besok dibawa. Yang suka beternak silakan ternaknya besok dibawa ke sekolah (kambing, sapi, kuda). Byuh... fleksibel saja, mungkin yang dibawa lele, ikan-ikan kecil, anak ayam, dan lain-lain. Anak-anak yang suka memasak, hasil karyanya dibawa ke sekolah. Misalnya stik rasa keju, kembang gula, dan lain-lain. Anak-anak yang suka ketrampilan bisa membawa boneka dari flannel atau hasil karya ketrampilannya. Kalau seperti ini baru namanya merdeka belajar. Untuk melengkapi dokumen dan mengembangkan budaya literasi, anak-anak bisa diminta menulis pengalamannya selama merdeka belajar di rumah.



Kalau bisa sebagian kegiatan yang dilakukan di rumah diambil gambarnya sebagai bukti untuk meyakinkan kalau anak-anak benar-benar melakukannya. Tidak semua anak mempunyai kemampuan yang sama di bidang akademik. Misalnya ada tugas yang sama untuk mata pelajaran tertentu, sebaiknya porsinya sedikit saja. Merdeka belajar di rumah bagi orang tua justeru untuk mengetahui minat dan bakat anak-anaknya. Bukan anak belajar di rumah, orang tua tambah stress. Jadi, learn from home benar-benar membuat anak-anak nyaman dan tetap bahagia.


#catatanimapenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar