Sabtu, 04 April 2020

Pembayaran Pelunasan BPIH Harus Melalui Bank Syariah



noerimakaltsum.com. Setelah didebet untuk pembayaran Ongkos Naik Haji pada tanggal 6 Januari 2012, saldo tabungan haji di BRI (konvensional) tinggal seratus ribu rupiah saja. Saldo tersebut tidak bertambah karena aku tidak melakukan setor tunai. Selama lebih dari 7 tahun, angga seratus ribu rupiah tidak berubah. Akhir bulan September 2019, aku mengisi lagi tabungan haji milikku dan suami. Masing-masing tabungan kuisi lima juta rupiah. Prosesnya tidak lama. Petugas bank menyarankan agar aku membuka tabungan haji syariah. Sebab untuk pelunasan BPIH harus melalui Bank Syariah.

Pada akhir bulan Desember 2019, aku dan suami membuka rekening tabungan haji BRI syariah. Bulan Februari 2020, diantar anak gadis, aku kembali menambah tabungan masing-masing lima juta rupiah. Bulan Maret 2020, tabungan haji BRI (konvensional) aku pindahkan ke tabungan haji BRI Syariah. Syukur Alhamdulillah, saldo tabungan kami sekitar sepuluh juta seratus lima puluhan ribu.

Para calon jemaah haji tahun 2020 harus sabar menunggu keputusan pemerintah berkaitan dengan ongkos naik haji tahun 2020. Selain itu di Kabupaten Karanganyar, berita acara Surat Istithaah masih menunggu dikeluarkan oleh Dinkes kabupaten. Untuk tahun 2020 ini, calon jemaah haji memang harus sabar. Sabar menanti berita apakah penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tetap diadakan atau dibatalkan. Keputusan tersebut dibuat oleh pemerintah Arab Saudi.

Kemenag dan pengurus KBIH Zam-zam memotivasi semua calon jemaah haji tahun 2020. Meskipun belum ada kepastian pemberangkatan, jemaah calon haji tetap menjaga kesehatan dan persiapan fisik, mental, dan spiritual. Kegiatan manasik dihentikan karena sekarang ada peraturan agar menghindari kerumunan dan berkumpul. Aku dan suami secara mandiri tetap mempelajari rangkaian kegiatan manasik haji dan umrah. Aku sendiri setiap hari berjalan kaki sekitar 30 menit untuk memperkuat kesehatan jantung dan menyeimbangkan tekanan darah.

Surat Istithaah keluar dan biaya ONH sudah diumumkan.  Dengan mengucap Bismillahirrahmannirrahim, aku dan suami melakukan pembayaran pelunasan BPIH di Bank BRI Syariah tanggal 26 Maret 2020. Di bank kami bertemu beberapa teman yang bergabung pada KBIH yang sama. Rasanya lega sekali. Teman-teman yang telah melakukan pembayaran tersenyum sumringah begitu mendapatkan souvenir dari bank. Souvenir tersebut berupa kain batik dan kain ihram untuk calon haji laki-laki. Calon haji perempuan mendapatkan kain batik dan mukena.

Mataku basah, kuucap syukur Alhamdulillah. Ya Allah, mudahkan kami melaksanakan ibadah haji tahun ini. Kalimat talbiyah terus kulantunkan dalam perjalanan pulang menuju rumah. Labaikallahumma labaik. Masya Allah, benar-benar merinding.

Biaya BPIH sebesar Rp. 35.972.602,00. Allah cukupkan rezeki kami untuk melunasi BPIH.

#30harinulisxnoerimakaltsum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar