Sabtu, 17 April 2021

Dahsyatnya Sedekah, Buktikan.



Jadikan sedekah gaya hidup dalam sehari-hari. Bila sedekah menjadi gaya hidup, tentu akan menular kepada anggota keluarga yang lain. Contoh, ayah dan ibu yang senang bersedekah di saat lapang maupun sempit, maka anak-anaknya juga akan melakukan hal yang sama karena mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. 


Bila orang tua bersedekah ikhlas lillahi ta'ala tanpa mengharapkan balasan dengan dilipatgandakan apa yang telah dikeluarkan, biasanya anak juga akan melakukan hal yang sama. Anak juga akan ikhlas dalam bersedekah.


Yang  membuat lebih bersemangat bersedekah bila perbuatan itu diikuti oleh orang lain. Sedekah menular ke teman-teman. Orang-orang juga ikut bersedekah tanpa diajak secara langsung. Sebab tanpa diajak, orang lain akan mengikuti orang yang gemar sedekah setelah melihat hikmah sedekah. Sedekah memang dahsyat  


Kemarin, F1 mengundang teman-teman (tidak banyak, hanya beberapa orang saja) untuk berbuka puasa bersama. F1 bilang yang penting datang nggak usah bawa apa-apa. Ternyata teman-teman F1 ada yang menyiapkan es buah, bawa martabak manis, telur asin, gorengan, tahu, usus goreng, dan lain-lain. 


Benar-benar terharu melihat teman-teman SMP F1 berbuka puasa di rumah. Saya jadi ingat ketika mereka masih berseragam biru putih. Mereka nyaman bermain di rumah mepet sawah ini. Saat iduladha teman-teman F1 akan bakar-bakar nyate di rumah. Kebetulan di rumah ada daging sapi dan kambing berlebih. Daripada kelamaan di kulkas lebih baik segera dihabiskan dengan mengundang teman-teman F1.


Semoga saya dan keluarga bisa istiqomah. Amin. Dahsyatnya sedekah membuat kami sayang untuk meninggalkannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar