Senin, 03 Januari 2022

SEDEKAH RATUSAN JUTA TAPI PUNYA UTANG RATUSAN JUTA RUPIAH

 


Sedekah itu diniatkan karena Allah semata dan tidak mengharapkan sesuatu dari manusia. Kalau kita ikhlas bersedekah maka hati menjadi tenang. Sedekah sesuai kemampuan saja. Bersedekah dengan harta terbaik dan harta milik sendiri. Kalau harta yang disedekahkan bukan milik sendiri alias dari berutang berarti belum mampu.

Seperti cerita pada link di bawah. Punya utang ratusan juta, untuk biaya hidup dipenuhi dengan cara berutang tapi gaji yang diterima semua disedekahkan dengan mengharapkan sesuatu. Padahal dalam ajaran Islam, bayarlah utang pada waktunya. Artinya membayar utang itu lebih utama, sedekah dengan semampunya.

Seharusnya berutang disesuaikan dengan  kemampuan untuk melunasinya. 

Punya utang ratusan juta bisa dicicil dengan sebagian uang gaji, sisa gaji bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bersedekah, menabung dan lain-lain. Gaji yang diterima bisa cukup untuk memenuhi krbutuhan sehari-hari selama sebulan, bukan memenuhi gaya hidup.

Bersedekah dengan ikhlas, rezeki yang diterima lebih berkah. Salah besar bila mengatakan setelah sedekah malah apes. 


https://www.google.com/amp/s/www.solopos.com/sedekah-ala-yusuf-mansur-biar-bebas-utang-irt-magelang-malah-apes-1226548/amp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar