Sabtu, 30 Juli 2022

Belajar Membaca Alqur'an Setelah Lanjut Usia



Sebagai seorang muslim punya kewajiban untuk membaca Alquran dan mengkaji isinya dengan membaca terjemahannya. Bagaimana bila belum bisa membaca Alqur'an? Tentu saja harus belajar membaca Alqur'an terlebih dahulu. 

Usia tak muda kadang menjadi alasan tidak mau belajar membaca Alqur'an. Namun, sekarang belajar mrmbaca Alqur'an bisa lebih mudah dan cepat. Syaratnya hanya satu agar kita bisa membaca Alqur'an, yakni niat yang kuat.

Kalau sudah ada niat, tidak perlu belajar membaca tiap hari ditarget berapa jam. Cukup tiap 15-30 menit per hari secara rutin dan tidak terputus. Insya Allah tidak perlu menunggu satu tahun untuk bisa membaca Alqur'an dengan lancar. 

Sebaiknya ada guru atau orang yang nisa membantu kita dalam belajar. Tujuannya adalah agar bacaan minim kesalahan. Kalau masih awal atau pemula dengan usia cukup tidak muda lagi, dengan menirukan bacaan yang telah dibaca tutor atau guru.

Sedikit demi sedikit kita akan berhasil menyelesaikan belajar membaca Alqur'an. Masih tidak mau belajar Alqur'an? Yuk, buka kitab suci kita. Minimal sehari membaca 1 ayat Alqur'an agar bisa khatam. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar