Senin, 07 November 2022

Cara Belajar Menulis Cerpen


Kali ini saya mau berbagi tulisan tentang belajar menulis cerpen dengan baik. Kalau niatnya belajar menulis cerpen, pertama kali yang harus dilakukan adalah segera menulis dan jangan pernah menunda. Ada atau tidak ada ide, segera menulis. Berapa kata atau berapa karakter? Nggak usah banyak nanya! Mau beberapa kata atau beberapa kalimat, itu tak jadi masalah. 

Kalau nggak ada ide, mana bisa menulis? Kalau belum ada ide maka membaca terlebih dahulu. Kita bisa membaca tulisan fiksi maupun nonfiksi. Dari situ kita akan mendapat ide. Boleh menulis cerita yang mirip-mirip tapi jangan plek sama. Mungkin tokoh, setting, tema, atau apalah diubah. Namanya juga sedang belajar. Nah, nulisnya pakai gaya bertutur kita sendiri ya. Biar pembaca tahu bagaimana karakter penulisnya atau ciri khusus gaya penulisnya. 

Setiap hari menulis. Jangan bosan. Kalau bosan menulis, berarti kita harus membaca. Dari membaca biasanya wawasan kita akan bertambah. 

Kalau sudah menulis, ya publikasikan. Ingat ya. Tujuan publikasi adalah agar orang lain bisa membaca tulisan kita. Jangan terlalu berharap like komen dari teman. Natural saja. Kadang kalau kita minta masukan orang lain, orang tersebut enggak enak hati mau mengkritik. Saya termasuk orang yang terbuka menerima ktiyik dan saran. Biasanya pembaca yang meninggalkan "pesan" hanya sekadar meramaikan saja. 

Baiklah, yuk uji kemampuan kita menulis cerpen. Buatlah tantangan untuk diri sendiri. Tantangannya adalah menulis 14 cerpen selama14 hari berturut-turut. Jadi sehari satu cerpen dan langsung pos. Tantangannya berat  ya? Dibuat slow saja. Kalau nanti sudah terbiasa, semua akan terasa ringan.

Kalau tak mampu menulis panjang, buat saja pentigraf (cerpen tiga paragraf) atau cermin cerita mini satu kalimat/paragraf (ceritanya tamat).

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar