Senin, 13 Februari 2023

Gamis Hitam



Dahulu tahun 1990, setiap masuk ruangan kuliah Kimia Dasar 1, Fisika Dasar 1, Matematika Dasar 1, dan mata kuliah semester 1 lainnya, mahasiswanya banyak sekali. Satu ruangan penuh. Padahal aslinya sih angkatan 90 hanya 30 orang. Ternyata angkatan di atasnya mengulang agar mendapat nilai terbaik.

Nah, biasanya di barisan belakang ada beberapa mahasiswi pakai gamis hitam, kerudung hitam jumbo, dan memakai cadar. Jadi, lihat orang memakai cadar cukup berada di fakultas MIPA IKIP Yogyakarta. Kebanyakan mereka jurusan Pendidikan Kimia.

Sekarang, banyak muslimah yang memakai gamis hitam dan kerudung lebar. Bahkan, mereka sengaja memiliki gamis banyak dan warnanya hitam semua. Bukan karena mereka tidak punya uang untuk membeli pakaian yang lain. Alasannya cukup bisa dimengerti, yakni praktis dan tidak repot.

Ketika menjalankan umrah dan haji di tanah suci, bagi muslimah juga cukup kok membawa gamis hitam dan putih beberapa potong. Tidak perlu membawa pakaian yang disebut fashionable. Praktis. Selain gamis hitam dan putih, bawa juga baju batik haji nasional, kaos olah raga, celana panjang putih dan hitam.

Gamis hitam adalah pakaian dengan warna netral. Terkesan bersahaja dan jauh dari kata glamour. Mungkin kalau di kampung dan di sekitar rumah kita belum begitu lazim. Bahkan mungkin malah digunjing kalau memakai pakaian hitam-hitam di rumah. Tenang, kita bisa menyesuaikan kok. 

Apalagi kebiasaan di tempat tinggal kita kalau pakai pakaian hitam-hitam konotasinya mau melayat atau duka cita. 

Kalau belum terbiasa dengan pakaian hitam, nanti dibilang aneh. Namun, perlu dicoba juga pakai gamis hitam dalam keseharian, biar tidak bingung memilih pakaian kalau mau bepergian.

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar