Senin, 25 September 2023

Arbain di Masjid Nabawi

 


Rukun Islam kelima adalah Naik haji di tanah suci bagi yang mampu. Bagi jemaah haji Indonesia, selain menunaikan ibadah umrah dan haji juga menunaikan ibadah salat di Masjid Nabawi. Nah, bagi jemaah haji reguler diberi waktu yang cukup di Madinah. Sekitar 9 hari.


Kesempatan di Madinah ini tentu tidak akan disia-siakan. Jemaah haji bisa melaksanakan salat wajib 5 waktu di Masjid Nabawi selama 8 hari tanpa putus yang dinamakan salat Arbain. Salat Arbain adalah salat 40 waktu.


Ada lagi ziarah ke Raudhah, Makam Baqi (bagi perempuan cukup di luar), ziarah ke masjid-masjid sekitar Masjid Nabawi, misalnya Masjid Quba, Masjid Bilal, dan lain-lain. Sebagai orang Islam tentu sangat bangga bila bisa berziarah ke tempat-tempat bersejarah. 


Kembali ke salat Arbain. Saya dan teman-teman saling support agar bisa salat wajib berjemaah 5 waktu selama 8 hari tidak putus. Bila ada yang mengantuk,  maka yang lain "memaksa" membangunkan. Kami berangkat ke masjid bersama.  Biasanya sampai di masjid terpisah mencari shaf yang masih kosong. Pulangnya tidak bersama-sama. 


Oleh karena jaraΔ· hotel dengan Masjid Nabawi dekat, maka setelah salat subuh, zhuhur, dan asar kami langsung pulang. Setelah magrib kami tidak pulang. Jadi, setelah salat magrib kami tetap berada di masjid. Yang kami lakukan adalah zikir, tadarus, atau beristirahat menunggu Isya.


Sepulang dari salat isya' waktu menunjukkan pukul setengah 10. Kami langsung tidur agar keesokan harinya bisa bangun lebih awal dan salat tahajud di Masjid Nabawi. Senang rasanya bisa berlama-lama di masjid.


Kini, saya merasakan kangen yang luar biasa. Semoga Allah memudahkan saya dan keluarga untuk ke tanah suci untuk berhaji dan umrah kembali. Amin.


00000

Sabtu, 23 September 2023

Berdoa di Tanah Suci Pohon Durian Berbuah Lebat

 


Pulang dari tanah suci, saya dan suami ditanya anak gadis, "Lupa nggak doanya?"

"Doa yang mana?"

"Duriannya berbuah."

"Sudah. Ayah juga sudah."

Beberapa hari setelah berada di rumah, suami memanggil kami untuk keluar rumah.

"Lihat, duriannya berbunga."

Alhamdulillah, setelah belasan tahun menunggu, dan setelah minta pada Allah langsung di tanah suci, Allah mengabulkan doa kami.

Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustai? Mintalah pada Allah, apa yang kita mau. Tidak usah pekewuh. Jujur saja. Mintanya nggak usah tanggung-tanggung.

00000

Jumat, 22 September 2023

Sedekah Dryfood Buat Meong


Suka binatang, itu pilihan. Saya dan keluarga kecil bukan termasuk penyayang kucing. Namun, kami juga tidak membenci kucing. Jadi, kalau ada kucing nggak akan kami hardik. Kami membiarkannya.

Ketika di rumah kakak saya ada kucing dan saya sering ke rumah kakak, mau tidak mau harus berdamai dengan kucing. Akhirnya, saya dan anak-anak ikut merawat kucing-kucing tersebut.

Anak gadis, F1, sekarang juga punya kegiatan rutin yakni memberi pakan kucing. Ternyata tidak sebatas kucing di rumah. Bila bertemu kucing di jalan, F1 juga memberinya pakan. 

Kata F1, sedekah pada kucing lebih ikhlas lo. Sebab, tidak ada pamrih sama sekali. Tidak saling membalas pemberian.

F1 sekarang menyiapkan makanan kering atau dryfood di dalam tas untuk kucing. Siapa tahu ketika lewat suatu tempat melihat kucing. 



Semoga bermanfaat.

00000

Kamis, 21 September 2023

Menulis Buku Perjalanan Haji dan Umrah



Setiap mendengar ada teman, saudara, kerabat, bahkan orang tua sendiri mau berangkat haji dan umrah, rasanya ikut bahagia. Saya sendiri gemetaran ketika ada panggilan berangkat haji. Bagaimana tidak? Saya menunggu giliran selama 11 tahun.


Ketika mau berangkat, selama perjalanan, dan selama di tanah suci, saya sering membagikan pengalaman tersebut di dunia maya. Tujuan saya murni untuk betbagi pengalaman dan memotivasi teman-teman dan saudara-saudara. Seandainya ada yang menilai dalam membagikan prngalaman ada unsur riya atau pamer, itu hak mereka. 


Akhir tahun 2011 sampai awal tahun 2012, saya sibuk ke puskesmas, kantor Kemenag, dan bank. Beberapa teman tahu kesibukan saya tapi tidak tahu dengan apa yang saya lakukan. Setelah semua urusan telah selesai dan saya mendapatkan nomor porsi, saya bercerita soal mendaftar haji. Respon mereka positif.


Dari berbagi pengalaman mendaftar haji ini ternyata bisa menginspirasi. Teman-teman bilang kalau saya dan suami "berani" meninggalkan segala kemewahan dunia dan memilih untuk mendaftar haji. Mereka tahu bagaimana rumah dan keseharian saya. Bagi orang lain mungkin mengutamakan mempercantik rumah, beli motor, atau mobil daripada untuk daftar haji.


Tahun 2023 saya dan suami berangkat haji. Ada kenalan yang kaget, "Kok bisa berangkat haji?"

Saya malah lebih kaget lagi. Namun, saya memilih menjawab, "haji itu panggilan. Undangan berhaji juga merupakan misteri. Allah memanggil kami. Ya, harus berangkat."


Agar pengalaman berhaji bisa memotivasi bagi orang lain, maka perlu saya tuliskan dalam bentuk buku. Semoga bermanfaat. Mulai sekarang mencicil. Minimal menuliskan judul dan biodata penulis. Hahaha 


00000

Kamis, 14 September 2023

Di Muzdalifah Kita Berpisah



Dulu kita merencanakan untuk selalu bersama dalam melakukan semua kegiatan atau manasik haji di tanah suci. Ternyata setelah berada di lapangan hal itu tidak mungkin 100% terlaksana. 


Hal yang sampai sekarang masih kuingat adalah ketika kita diuji dengan keterlambatan datangnya bus yang membawa jemaah dari Muzdalifah ke Mina. Hari semakin siang, panas semakin menyengat. Persediaan minuman menipis. 


Kita menunggu bus. Kita sepakat untuk berpisah di Muzdalifah. Aku mendampingi bapak-bapak lansia. Kau juga demikian. Mengapa kita tidak berempat saja, tidak berdua-berdua? Dengan berpisah lebih mudah untuk bergerak.


Dan benar! Aku dan lansia yang kudampingi mendapatkan bus sebelum jam sebelas. Sementara kamu berdua jam setengah satu baru mendapatkan bus. Ternyata perpisahan kita adalah langkah yang tepat.


Alhamdulillah, berpisah di Muzdalifah hanya sementara. Sebab, setelah berada di Mina kita bisa selalu berdua untuk melempar jamarat.


00000

Minggu, 10 September 2023

Umroh Bersama Mama



Saya ingin anak-anak bisa ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji dan umrah saat mereka masih belia. Paling tidak umrah dahulu bila ingin ke tanah suci lebih cepat.


Suatu hari saya bertanya pada F2, anak kedua. Bila suatu saat mendapatkan kesempatan menjalankan umrah sendiri, sudah siapkah? Atau bila suatu hari Mama dapat rezeki mendapatkan 2 tiket umrah gratis, sudah siapkah berangkat? Jawabnya: kalau dengan Mama, aku siap. Kalau tidak dengan Mama ya paling tidak dengan orang yang aku kenal. Atau bironya dapat dipercaya. Bironya tidak yang bohong atau ngapusi.


"Berarti kamu siap, ya Iz?"

"Insya Allah."

"Alhamdulillah. Semoga bisa secepatnya ke tanah suci."

00000


Obrolan receh yang memotivasi agar bisa secepatnya menjalankan umrah dan haji. Bismillah.

Jumat, 08 September 2023

Olahan Tahu dan Bakso




Yuk, masak gampang, praktis, dan biaya murah.


Bahan

1 siung bawang putih

1 buah bawang merah

2 buah cabai rawit merah

Garam

Penyedap rasa

Merica

Air

Minyak sayur

1 buah tahu putih

5 butir bakso

Wortel

Daun bawang 

Seledri

Sawi putih


Prosedur:

1. Panaskan air 100 ml (boleh lebih), tambah minyak sayur, bamer, baput, cabai, bakso dan tahu. Masak sampai mendidih lalu kecilkan apinya.

2. Tambahkan sayuran. Tutup pancinya.

3. Kalau sayuran sudah layu, tambahkan garam, merica, dan penyedap rasa.

4. Matikan apinya.

5. Hidangkan.


Bila disantap pakai nasi, bisa untuk 2 porsi. Namun, bila tak pakai nasi, bisa disantap untuk satu orang.


Kalau saya mending buat berdua. Aku dan kamu.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚