Jumat, 26 Mei 2017

Presentasi Sarana Belajar Penuh Percaya Diri

Beberapa hari terakhir, saya dan teman-teman guru mendapatkan tugas untuk presentasi dan promosi ke SMP/MTs baik negeri maupun swasta di wilayah Karanganyar dan sekitarnya. Bagi saya, presentasi ini adalah tugas lapangan yang menyenangkan. Di sini, saya diberi tantangan yang tidak ringan. Alhamdulillah, saya bisa melaksanakan tugas dengan baik.
Pada dasarnya, saya ini demam panggung alias grogi bila berhadapan dengan orang banyak. Seiring berjalannya waktu, saya bisa mengatasi semua dengan sukses. Ada yang membuat saya suka melaksanakan tugas presentasi, yaitu saya bisa belajar percaya diri.
Kalau pasangan (patner) saya membawa laptop dan LCD, biasanya dalam perjalanan menuju sekolah yang akan dipresentasi, kami mengadakan perjanjian. Ada 2 alternatif, yang pertama saya membuka presentasi dengan memperkenalkan diri dan memberi gambaran secara umum SMK Tunas Muda Karanganyar sedangkan teman saya menyiapkan laptop dan LCD dan menghidupkannya. Atau pilihan yang kedua, saya menyiapkan laptop dan LCD, menghubungkan kabel-kabel dan menyambung kabel ke sumber arus sedangkan teman saya membuka presentasi dengan perkenalan.
Setelah itu, saya akan membagikan brosur. Dalam presentasi ini, bila kami membawa media yang cukup, selalu ada perhatian dari anak-anak SMP/MTs. Biasanya anak-anak suka kalau diperlihatkan video hasil karya siswa multimedia yang telah menempuh ujian praktek.
Anak-anak sangat suka dan tertarik dengan video yang dibuat oleh Mas Paryono dengan pemain Mas Kastolani. Untuk video tanpa komunikasi, anak-anak suka dengan pemeran Mas Yongki.
Dengan media yang kami bawa dan materi yang kami sampaikan, harapan kami, anak-anak banyak yang tertarik bergabung di SMK Tunas Muda. SMK Tunas Muda Karangnayar terletak di Jl. Dr. Rajiman, Ngijo, Kecamatan Tasikmadu (tepatnya sebelah barat Rumah Sakit Umum Daerah yang dikenal dengan Kartini, atau RS Jengglong). Sekolah kami membuka 3 jurusan, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan dan Multimedia.
Keuntungan menimba ilmu di SMK Tunas Muda di antaranya adalah bagi anak yang mengikuti ektrakurikuler Jurnalistik akan diajari menulis untuk dikirim ke media massa.
Nah, guru yang membimbing Ekskul Jurnalistik ini sudah tidak asing dengan dunia tulis menulis. Pingin tahu siapa pembimbingnya? Ayo, bergabunglah ke SMK Tunas Muda Karanganyar.
Demikianlah cara saya menarik simpati anak-anak SMP/MTs. Oleh karena saya setiap hari bergelut dengan dunia tulis-menulis, maka saya juga harus bisa menyampaikan isi tulisan saya. Tidak gampang bicara di depan umum, tapi setidaknya bisa dipelajari.
Beruntung, saya sering berinteraksi dengan teman-teman di sekolah. Dengan banyak interaksi, kosa kata saya juga bervariasi. Kalau ditanya tentang sesuatu, setidaknya saya bisa menjawab dengan tidak sekedar sok tahu.
00000                                 

Karanganyar, 26 Mei 2017